Tekno

Nah Loh, 13 Tahun Lagi Komputer Bakal Kalahkan Manusia

Robot
Elon Musk, mengatakan bahwa robot akan mengalahkan manusia di tahun 2030. (foto : net)

SukabumiEkspres.com – Dominasi kecerdasan manusia diprediksi hanya mampu bertahun 13 tahun lagi. Di tahun 2030, berbagai produk hasil artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang dibuat lewat bantuan komputer, akan mengalahkan bermacam hal yang selama puluhan atau malah ratusan tahun dilakukan manusia.

“Paling tahun 2030 atau 2040, manusia dikalahkan komputer,” kata Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX yang dikutip New York Post, Selasa (6/6).

Pernyataan Elon yang diposting lewat Twitter tersebut menanggapi hasil riset Universitas Oxford yang menyebut bahwa kekalahan manusia atas komputer akan berlangsung lebih lama yakni tahun 2060.

Indikasi pesatnya peningkatan kemampuan AI, menurut para ilmuwan, terlihat dari makin baiknya program penterjemah bahasa. Oleh karenanya, hambatan bahasa yang menjadi salah satu masalah komunikasi manusia di tahun 2024 diprediksi akan lenyap. Selang 2 tahun kemudian, akan ada program komputer yang bisa membuat tulisan ilmiah dalam berbagai macam bahasa secara otomatis.

Prediksi lain, di tahun 2031 program komputer berhasil menggantikan manusia sebagai sopir kendaraan. Tahun yang sama, saat belanja kita dilayani kasir komputer atau robot.

Bagai manusia, tahun 2049, para penulis buku menganggur kalah oleh AI gang sudah mampu berkhayal dan menganalisa seperti penulis manusia.

Empat tahun kemudian atau 2053, giliran dokter terancam tak punya pekerjaan sebab robot sudah bisa mengoperasi pasien secara akurat dan aman. Puncaknya 120 tahun dari sekarang, manusia yang notabene pencipta AI sepenuhnya jadi kaum terjajah sebab semua sendi kehidupannya dikuasai robot. (*/nyp/pra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up