Jelajah

Museum Elang Jawa Tawarkan Informasi Edukatif

FOTO3

SUKABUMI – Di kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango Resort Cimungkad Kabupaten Sukabumi terdapat sebuah museum yang mengetengahkan Elang Jawa. Di museum itu para pengunjung bisa mendapatkan informasi tentang Elang Jawa.

“Museum ini selain memberikan informasi juga jadi wisata sejarah edukasi mengenai keberadaan Elang Jawa. Di kawasan Gunung Gede-Pangrango ini utamanya di Resort Cimungkad merupakan habitat asli Elang Jawa,” kata Kepala Resort Cimungkad Ayi Muhamad Toha kepada wartawan, kemarin (3/1).

Tujuan didirikannya museum tersebut untuk menyampaikan kembali kepada masyarakat tentang Elang Jawa yang nyaris punah. Museum itu dibangun kembali pada 2014 oleh pihak Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango. “Elang Jawa pertama kalinya ditemukan Dr Max Bartles, warga negara Jerman. Sejak 1942 lokasi ini jadi tempat penelitian Elang Jawa,” tuturnya.

Populasi Elang Jawa saat ini memang nyaris punah. Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango terus memantau perkembangan Elang Jawa.

“Di sini memang kawasan yang banyak terdapat damar jadi homogen. Tapi kalau terus ke dalam dan ke atas hutannya heterogen,” bebernya.

Restu Purnama, seorang pengunjung, mengaku baru kali pertama datang ke pusat konservasi Elang Jawa. Dia mengaku terkesan karena di dalam museum terdapat sejarah lahirnya penemu pertama Elang Jawa serta foto-foto hasil penelitia selama tinggal di Indonesia.

“Saya juga gak tahu bahwa ada penemuan Elang Jawa di sini. Tentu saja keberadaan museum ini sangat membantu menambah pengetahuan. Kita jadi lebih tahu untuk menambah wawasan,” tandasnya.(ovi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up