Tatar RT-RW

Muraz Janji Dana P2RW Ditambah Lagi

PELUNCURAN: Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz meluncurkan Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW) tahun ini.

Dorong Peningkatan Partisipasi Warga

JL BHAYANGKARA – Pemkot Sukabumi meluncurkan Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW) tahun ini, Minggu (30/4). Satu di antara program unggulan pasangan Mohamad Muraz-Achmad Fahmi itu diharapkan bisa mendorong peningkatan partisipasi masyarakat sehingga nantinya menjadi contoh menggenjot kembali budaya gotong-royong di kalangan masyarakat.

Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz, menjelaskan peluncuran P2RW sekaligus jadi ajang forum komunikasi antara muspika dan RT/RW. Berbagai persoalan disampaikan pada forum dialogis tersebut, mulai dari soal permintaan penaikan anggaran, kesulitan di lapangan, hingga keberhasilan pembangunan. “Program ini dinilai cukup berhasil membangun kembali swadaya dan gotong-royong masyarakat. Tahun depan dipastikan ada penaikan anggaran. Besarannya kami akan lihat dulu karena harus disesuaikan kemampuan keuangan pemerintah,” jelas Muraz, Minggu (30/4).

Urusan administratif menjadi persoalan dominan yang disampaikan masyarakat. Pasalnya, semua laporan dari tahap pengajuan, pelaksanaan, hingga selesainya pekerjaan harus disertai bentuk pertanggungjawabannya secara administratif. “Nanti kita pecahkan bersama masalah itu. Terpenting, masyarakat paham mana saja prioritas dan peruntukan dari jumlah dana stimulan P2RW sebesar Rp17 juta itu,” ujarnya.
Hasil monitoring di lapangan, sambung Muraz, tingkat partisipasi masyarakat meningkat. Tolok ukurnya, biaya pembangunan besarannya rata-rata di atas dana yang sudah dialokasikan. “Tentunya seiring program ini berjalan, budaya gotong-royong harus kembali terjadi di masyarakat,” tandas Muraz.
Ketua RW 7 Kelurahan Dayeuhluhur Suherman menambahkan, banyak dampak positif yang dirasakan masyarakat dengan adanya program P2RW.

“Alhamdulillah, program ini berjalan dengan baik di wilayah saya. Kita fokuskan anggaranya untuk membangun jalan gang baru, drainase, dan fasilitas kebersihan,” tambah dia.

Melihat angka partisipasi masyarakat yang cukup baik, Suherman mengharapkan ada penambahan anggaran dari Pemkot Sukabumi. “Kalau bisa sih ditambah soalnya masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan untuk warga. Rencananya tahun ini masih fokus garap infrastruktur,” tukasnya.(job1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up