Otomotif

Mobil Terbaru Mitsubishi Xpander Hadir di Sukabumi

LAUNCHING : Area Coordinator PT MMKSI Jawa Barat, Tommy Aditianto memberikan sambutan saat launching Mitsubishi Xpander di Supermall Sukabumi, kemarin. (RUDI SAMSIDI/SUKABUMI EKSPRES)

JL AHMAD YANI – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MKKSI) tak pernah berhenti berinovasi untuk mengeluarkan produk terbarunya. Kali ini, Mitsubishi melalui main dealernya PT Mahligai Puteri Berlian resmi meluncurkan mobil terbaru MPV murah, yaitu Mitsubishi Xpander.

Acara lounching dipusatkan di Supermall Sukabumi, Jalan Raya Ahmad Yani No. 125 – 127, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi itu memberikan kesempatan kepada pengunjung yang datang untuk menjajal perporma dan fitur terbaik yang baru pertama kali ada di dunia.

“Alhamdulillah hari ini saja (kemarin,red), sudah ada 14 SPK (surat pemesanan kendaraan). Jadi Mitsubishi Xpander ini asli produk Indonensia dan akan dipasarkan ke manca negara seperti Amerika Latin,” ungkap Area Coordinator PT MMKSI Jawa Barat, Tommy Aditianto kepada Sukabumi Ekspres usai lounching Mitsubishi Xpander, kemarin (20/8).

Pemilihan Kota Sukabumi bukan tanpa pertimbangan, menurut dia, kota berjuluk Mochi ini dipilih menjadi salah satu kota peluncuran Mitsubishi Xpander karena tingginya potensi pasar dan pengguna small MPV di wilayah Sukabumi dan Cianjur.

“Target penjualan Xpander wilayah Sukabumi dan Cianjur tembus 20 persen dari pangsa pasar kelas small MPV dengan capaian pasar sebesar 115 unit per bulan. Dan area Jawa Barat sendiri memberikan kontribusi kepada penjualan nasional untuk kelas model Xpander sebesar 10 persen dengan capaian pasar sebesar 1.650 unit perbulannya,” beber dia.

Tommy mengatakan skema inden ditawarkan untuk masyarakat Sukabumi yang terterik memiliki MPV murah ini. Pasalnya, saat ini proses produksi awal untuk jenis dan model Mitsubishi Xpander baru dilakukan pada Oktober 2017 mendatang.

Namun begitu, produksi akan dimulai lebih cepat sehingga pengiriman pertama Xpander ke tangan konsumen pada Oktober dan penyelesaian pengiriman untuk inden awal dapat diselesaikan pada akhir tahun ini.

Menurut Tommy, kendaraan itu menggabungkan performa jalan dan dinamika pengendaraan sekaligus menjaga efisiensi bahan bakar. Satu hal yang menjadi kebanggaan MMKSI dengan MPV ini adalah bodi yang lebar dan besar dibandingkan dengan MPV lain di kelasnya.

Small MPV Mitsubishi Xpander menawarkan mesin bensin DOHC MIVEC 16 valve 1.499 cc, mampu menghasilkan daya hingga 103 Hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak sebesar 141 Nm pada 4.000 rpm. Mesin dengan kompresi rasio 10.5:1 itu sendiri adalah pengembangan dari mesin Mitsubishi Lancer kode 4G91

“Ada enam varian yakni GLX M/T, GLS M/T, Exceed M/T, Exceed A/T, Sport A/T, dan Ultimate A/T. Semuanya menggunakan mesin 1.500 cc MIVEC DOHC, dengan sistem transmisi lima percepatan manual dan empat otomatis. Jadi, mobil yang dibuat dari kolaborasi SUV dan MPV ini, telah dikembangkan menjadi sebuah Next Generation MPV,” bilang dia.

Adapun harga yang ditawarkan untuk Xpander Ultimate A/T sebesar Rp246.850.000, Xpander Sport A/T Rp238.650.000, Xpander Exceed 4 A/T Rp 226.450.000, Xpander Exceed 5 M/T Rp 216.050.000, Xpander GLS M/T Rp Rp210.050.000, Xpander GLX M/T Rp 90.550.000.

“Mitsubishi Xpander ini mayoritas berwarna hitam, namun bagi konsumen yang ingin memiliki pilihan warna Quatz White Pearl harganya lebih tinggi dengan tambahan sekitar Rp1.500.000,” sebut dia.

Sementara itu, pengunjung asal warga Kampung Palasari, RT 19/10, Desa Sudajaya Girang, Kecamatan Sukabumi, Alan (35) mengaku tertarik saat melihat pameran Mitsubishi Xpander tersebut. Ia menilai, mobil produk lokal ini, tidak kalah performa dan desain mobil Eropa.

“Xpander Ultimate dan Xpander Sport desiannya seperti Pajero Sport. Tidak heran jika warga menyebutnya dengan nama Baby Pajero, karena memang mirip sekali bentuknya. Apalagi, jika dibandingkan dengan harga, tentunya, harga Xpander terbilang lebih murah,” pungkasnya.(udi/hyt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up