Tekno

Medsos Dominasi Trafik Data XL Naik Dua Kali Lipat

ilustrasi

SukabumiEkspres.com – Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk mencatat trafik penggunaan layanan data selama Lebaran 2017 mencapai 4.020 Tera Byte (TB), meningkat 218 persen dibanding Lebaran periode sama tahun 2016.
“Media sosial mendominasi kenaikan trafik layanan komunikasi XL periode 20-27 Juni 2017. Pelanggan lebih aktif berkomunikasi melalui media sosial berbagai platform baik dalam format text, voice, video call, maupun multimedia,” kata Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, Rabu (28/6).

Menurut Yessie, media sosial memicu kenaikan trafik data periode H-5 hingga H+2 Lebaran yang menembus 4.020 TB, meningkat dari rata-rata trafik data di hari-hari biasa sebesar 3.600 TB.

Trafik akses ke Facebook meningkat tertinggi lebih dari 50 persen, disusul instagram lebih 20 persen, serta YouTube lebih dari 17 persen.

Sementara itu, kenaikan trafik juga terjadi pada akses ke layanan Google seperti Google Map dan aplikasi penunjuk rute jalan dan kepadatan lalu lintas Waze hingga mencapai lebih dari 135 persen.

Kenaikan akses ke kedua layanan tersebut seiring dengan melonjaknya kebutuhan pelanggan atas informasi rute dan kondisi lalu lintas saat menuju kampung halaman dan lokasi-lokasi wisata di luar Jabodetabek.

Yessie menambahkan, secara keseluruhan kenaikan akses data pelanggan XL merupakan dampak positif dari perluasan layanan 4G LTE dan 3G U900 di berbagai daerah di Indonesia, termasuk perluasan jaringan di berbagai daerah di luar Jawa, baik di Sumatera, Kalimantan, serta Sulawesi.

Kecenderungan tersebut terlihat dari meningkatnya akses ke layanan social media messaging (WhatsApp, FB Messenger, LINE) lebih dari 46,5 persen, sekaligus menunjukkan perubahan kebiasaan pelanggan yang sebelumnya banyak menggunakan layanan tradisional SMS.

Hal yang sama juga terjadi pada akses layanan video call (WhatsApp Call, BBM, Facebook VoIP, Skype, Viber, Line) tumbuh hingga sekitar sembilan persen, sebagai sarana baru untuk menggantikan layanan voice tradisional atau telepon biasa.

“Kualitas akses data melalui jaringan 4G LTE terbukti telah meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan data, termasuk konten data berukuran besar seperti video/film dan foto-foto beresolusi tinggi,” tegas Yessie.

Meski terjadi kenaikan trafik, jaringan XL Axiata sukses melayani pelanggan tanpa hambatan yang berarti.

“Kami terus maksimal bersiaga menjaga performa jaringan guna melayani kebutuhan pelanggan selama libur Lebaran dengan penambahan kapasitas jaringan hingga 2 kali lipat,” katanya.

XL Axiata juga mencatat, pergerakan trafik pelanggan di wilayah Jabodetabek menurun, sedangkan trafik di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur mengalami lonjakan.

Saat hari H Lebaran (25 Juni 2017), jumlah pelanggan di Jabodetabek menurun sebesar 23 persen, sebaliknya di beberapa wilayah yang menjadi tujuan mudik utama mengalami peningkatan jumlah pelanggan, seperti di Jawa Barat meningkat 13,5 persen, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta 22 persen, serta Jawa Timur 10,5 persen. (hyt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up