Kiprah MUI & Baznas

Manfaatkan Harta untuk Akhirat

IMG-20170330-WA0003
Fifi Kusumajaya

JL VETERAN – Secara kasat mata orang kaya adalah orang yang banyak hartanya, gaya hidup megah dan hartanya tidak akan habis selama tujuh turunan. Ditambah mereka selalu merasa bahwa kekayaannya diperoleh dari hasil jerih payahnya sendiri.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi, Fifi Kusumajaya mengatakan, tetapi hanya sedikit orang kaya yang mempunyai sifat mulia. Karena sesungguhnya kekayaan yang dimiliki setiap manusia datang dari Allah SWT.

“Betapa banyak orang yang telah dianugerahi begitu banyak harta oleh Allah, tapi masih merasa tidak cukup alias masih merasa fakir dan masih merasa kurang serta ingin terus menambah hartanya,” tutur dia.

Padahal hakikat menurut agama Islam yang dimaksud dengan kaya itu ialah kaya hati. Dia pun menjelaskan bahwa seseorang yang merasa cukup dengan didapatkannya walaupun hanya sedikit harta yang Allah SWT berikan.

Orang tersebut tidak merasa rakus dan tidak tamak untuk terus menambah hartanya. Sama halnya seperti sabda Rosulullah yang tak melarang seseorang untuk kaya, asalakan orang itu bertakwa.

“Sehat bagi orang  yang  bertakwa itu lebih baik dari kaya. Sedangkan hati yang bahagia itu bagian dari nikmat (HR Ibnu Majah dan Ahmad),” jelasnya.

Fifi melanjutkan, untuk memperoleh suatu rezeki atau harta harus sesuai syariah dan banyak bersyukur dengan yang kepunyaannya. Kekayaannya juga lebih bagus didayagunakan untuk meningkatkan ibadah serta mendekatkan diri kepada Allah.

Yaitu, dengan menunaikan zakat guna membersihkan dan mensucikan sisa harta yang dimilikinya. Sehingga harta yang dimilikinya menjadi berkah.

Selain zakat, harta itu pun harus dipakai sebagai kepedulian kepada kaum lemah disekitarnya. Berupa infak dan sedekah, karena sesungguhnya rizki dan pertolongan Allah datangnya dari orang-orang lemah yang ada disekitar Anda.

“Dengan memperbanyak infak dan sedekah maka hati kita akan semakin lembut dan peka terhadap kesulitan orang lain. Disisi itu, kita pun akan kaya hati, kaya kaya dunia dan akhirat. Marilah kita raih anugrah Allah dengan memperbanyak ibadah kepadanya berupa kepedulian kepada orang-orang lemah disekitar kita,” tutup Fifi. (job4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up