Pendidikan

LSS Mengandung Pesan Pendidikan Karakter

FOTO3

JL R SYAMSUDIN SH – Empat sekolah di Kota Sukabumi hari ini mengikuti Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Jawa Barat. Mereka akan memperebutkan meraih prestasi untuk selanjutnya maju ke LSS tingkat nasional. Keempat sekolah tersebut yakni TK IT Al Jihad, SDN Sukakarya 2, SMPN 16, dan SMAN 1 Kota Sukabumi.

Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz, mengatakan berbagai persiapan dilakukan Pemkot Sukabumi dalam menghadapi LSS tahun ini. Misalnya melalui SKPD terkait turun langsung meninjau dan memberikan arahan ke setiap sekolah peserta LSS. Utamanya mengecek beberapa aspek yang menjadi titik penilaian seperti kebersihan sarana dan prasarana (sapras) kelas, ruang guru, kantin, toilet, air bersih, tempat cuci tangan, tempat ibadah, kondisi tempat sampah, serta ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS).

“Perilaku kesehatan peserta didik harus diperhatikan juga karena menjadi penilaian. Misalnya pengetahuan tentang UKS dan perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Harapan dari LSS ini dapat memotivasi anak didik dan unsur sekolah agar lebih peduli terhadap kesehatan, kebersihan, serta keindahan di lingkungan sekolah,” kata Muraz didampingi Kasubbag Pendidikan dan Kesehatan Bagian Kesra Setda Pemkot Sukabumi, Susi Banyuwati.

LSS tersebut mengandung pesan mengenai pendidikan karakter sesuai dengan program prioritas Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang kini tengah digencarkan untuk jenjang sekolah dasar hingga menengah. “Dengan LSS ini, peserta didik dapat hidup bersih, sehingga menjadi kriteria dalam penguatan karakter,” paparnya.

Adapun sekolah yang terpilih mengikuti LSS saat ini bisa, kata Muraz, dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi yang lainnya agar menerapkan sekolah sehat dan perilaku hidup sehat. “Lomba ini diikuti semua jenjang pendidikan dari TK hingga SMA,” ujarnya.

Untuk itu sebagai upaya mendukung kegiatan sekolah sehat, seluruh tenaga pelajar harus mempunyai komitmen, kemauan, kemampuan, semangat, dan kekompakan tinggi demi menciptakan lingkungan sekolah yang sehat. “Hal itu menjadi faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan sistem belajar serta menghasilkan anak didik yang berprestasi, sehat, dan terlatih,” terangnya.

Selain itu, lanjut Muraz, melalui LSS ini dapat semakin mendorong implementasi pengetahuan, pelatihan, dan penanaman pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari baik dalam lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat. ā€œDiharapkan dengan adanya LSS yang rutin digelar ini dapat memberikan dampak positif perubahan. Sehingga dapat dijadikan sebagai komunitas pambelajar yang kritis, kreatif, dan inovatif dalam penyelenggaraan program pembelajaran penanaman nilai-nilai Pola PHBS,” harapnya.(ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up