Sports

LPI Cari Bibit Pemain Profesional

FOTO3

SUKABUMI – Sebanyak 24 tim kesebelasan tingkat SMA/SMK sederajat, dan 17 tim kesebelasan tingkat SMP se-Kota Sukabumi mengikuti kegiatan Liga Pendidikan Indonesia (LPI) Kota Sukabumi tahun 2017. Kegiatan tersebut sebagai ajang pencarian bibit-bibit pemain sepak bola masa depan.

Walikota Sukabumi Mohammad Muraz mengatakan, kompetisi LPI akan digelar selama belasan hari kedepan. Dan akan mendapatkan Trofi Walikota serta uang pembinaan. Bibit-bibit atlet sepak bola yang terjaring melalui LPI harus difasilitasi melalui pengcab agar bisa terdidik sebagai pesepakbola yang profesional. Pembinaan harus ditekankam melalui pengcab, bukan hanya di sekolah saja.

“LPI ini, untuk menjaring bibit-bibit dari para pelajar. Carilah di sekolah-sekolah, kemudian digiring oleh pengcab supaya mereka jadi pemain yang profesional. Kalau oleh sekolah saja, saya rasa tidak cukup,” ujarnya usai membuka secara resmi perhelatan akbar tersebut kemarin (21/11) di Stadion Suryakancana Kota Sukabumi.

Muraz berharap, pelaksanaan LPI ini berjalan dengan baik sesuai visi dan misi yakni, bersahabat, berkarakter dan berprestasi. Melihat semangat peserta yang luar biasa, Pemerintah Kota Sukabumi ingin agar generasi muda semakin gemar bergerak dan olahraga, tidak hanya belajar saja.

“Dari liga ini mereka akan terbiasa berkompetisi dan bersaing secara ksatria, siap menang dan siap kalah, dan harus yakin bisa jadi kebanggaan Kota Sukabumi, ” tandasnya.

Ketua Panitia LPI tingkat Kota Sukabumi Hasan Ashari memgatakan, pada tahun ini dari 17 tim kesebelasan tingkat SMP terbagi menjadi empat grup. Sementara dari 24 tim kesebelasan tingkat SMA/SMK terbagi menjadi delapan grup. Dari masing-masing group harus menyelesaikan pertandingan setengah kompetisi.

“Ini babak penyisihan masing-masing grup harus menyelesaikan pertandingan setengah kompetisi.  Nantinya akan diambil dari setiap grup satu juara grup untuk bertanding di semi final dan final,” ujar dia.

Sementara ini,  lanjut dia, jika sudah menjuarai LPI tingkat kota, biasanya tim yang juara akan disertakan kejuaraan LPI tingkat Jawa Barat bahkan tingkat nasional. Tetapi ditahun ini kemungkinan kejuaran tersebut ditiadakan, karena akan mengikuti program pemerintah yaitu Gala Siswa.

“Karena tahun depan akan menggunakan format baru, ini untuk mendukung program pemerintah,” pungkasnya.(ovi/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up