Gerbang Desa

Lima Desa Kembangkan Sektor Pariwisata

PENGEMBANGAN: Desa Bojonggaling menjadi satu di antara lima desa di Kecamatan Bojonggenteng yang akan dikembangkan menjadi desa wisata dan religi.

Dipersiapkan jadi Desa Wisata dan Religi

BOJONGGENTENG – Sebanyak lima desa di Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi akan menjadi target pengembangan peningkatan pendapatan daerah dari sektor pariwisata. Lima desa itu yakni Desa Bojonggenteng, Desa Bojonggaling, Desa Cibodas, Desa Cipanengah, dan Desa Berkah.
“Inovasi Program Desa Wisata dan Religi yang kita rencanakan bertemakan Desa Santri Bertani, Desa Santri Mengaji, dan Desa Santri Bertanam dalam konteks pembangunan kawasan perdesaan,” ujar Camat Bojonggenteng, Sendi Apriadi, kemarin (12/3).

Program inovasi tersebut dalam waktu dekat ini akan segera direalisasikan. Hal ini merupakan program prioritas kegiatan pembangunan tahun ini.

“Alam di Bojonggenteng masih asri dan perawan. Untuk memanfaatkan itu semua kita akan lakukan kegiatan seperti menanam padi, ngurek belut, serta membajak lahan pesawahan secara tradisional yaitu memakai kerbau. Itu merupakan salah satu sajian yang akan disuguhkan kepada para wisatawan nantinya,” bebernya.

Implementasi rogram desa wisata tersebut bersinergis dengan mata pencaharian warga setempat yang kebanyakan bekerja di sektor pertanian.

“Saat ini kemajuan zaman mengalami peningkatan yang begitu signifikan. Untuk itu kita melihat potensi alam yang ada bisa dikembangkan. Tapi kami tidak mau kemajuan nanti bisa merusak sedikit potensi yang ada. Untuk itu, program tersebut menjadi upaya menjaga alam,” jelasnya.
Di Kecamatan Bojonggenteng saat ini banyaknya terdapat pondok pesantren yang melahirkan tokoh-tokoh nasional. Atas dasar itu tebersit untuk membuat satu kawasan desa wisata religi yang terintegrasi dengan kawasan pedesaaan.

“Kami berharap dengan adanya kawasan desa wisata nantinya akan menjadi lokomotif dan mendongkrak pendapatan masyarakat karena para wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang indah, seperti luasnya hamparan sawah,” tandasnya.(udi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up