Jelajah

Libur Panjang, Wisata Alam Gunung Sunda Jadi Pilihan Favorit

poto metro gunung sunda
GUNUNG SUNDA: Suasana kawasan uncak Gunung Sunda yang berlatarbelakang hamparan pemukiman yang dipagari Gunung Gede.

CISAAT – Pengujung objek wisata alam Gunung Sunda yang berada di Kabupaten Sukabumi meningkat hingga 40 persen dibandingkan hari biasa. Selain karena libur panjang, peningkatan pengunjung juga dipengaruhi bertambahnya wahana yang disediakan.“ Fasilitas yang baru dibuka seperti spot selfie love pas pemandangan panorama 360 derajat, juga view deck tower buat selfie dan mendongkrak jumlah pengunjung liburan kali ini,” ujar Dede Rizal yang dipercaya sebagai pengelola kawasan wisata Gunung Sunda Senin (1/5).

Berdasarkan pantauan Sukabumi Ekspres, pintu masuk ke kawasan Gunung Sunda dipadati pengunjung. Antrian kendaraan baik sepeda motor maupun mobil memenuhi lapangan parkir. Pengunjung datang dari berbagai daerah di Sukabumi. Meski untuk mencapai puncak Gunung Sunda memerlukan tenaga prima, namun semangat pengunjung sepertinya tidak pernah surut. Terlebih pada saat hujan turun, jalan licin meski dilapisi semen. Dede mengatakan, kondisi cuaca tidak mempengaruhi jumlah wisatawan yang berkunjung.“Meningkat hingga 20 persen. Bukan hanya siang, malam juga banyak yang kamping maupun sekedar menikmati pemandangan. Hari biasa sekitar 2.500 hingga 3000 pengunjung, di hari libur panjang kali ini hampir mendekati 5000 pengunjung,” tambah Dede.

Pengelola tidak hanya ingin meraup untung. Mereka juga meningkatkan keamanan dan menambah petugas yang melakukan patroli setiap waktu yang ditentukan. Pengunjung diimbau untuk tidak membuang sampah agar samnpah tidak berserakan. Di pintu masuk, petugas mengingatkan pengunjung agar memasukkan sampah pada kantong dan di bawa turun.” Kita susur sampah tiga kali se hari, pagi jam 08.00 WIB, siang jam 02.00 WIB dan sore jam 05.00 WIB. Kami edukasi terus menerus agar pengunjung menjaga kebersihan,”jelas dia.
Dede berharap, dibukanya kawasan Gunung Sunda sebagai destinasi wisata, tidak berdampak negatif terhadap keasriannya. Kebersihan dan lingkungan tetap terjaga sehingga menjadi objek wisata favorit yang murah meriah. ” Kami inginnya tetap alami seperti ini. Kawasan ini sebagai penyerap air, selain sumber mata pencaharian masyarakat,”jelasnya.
Sementara menurut salah seorang pengunjung asal Jakarta, Nazmi Alawiyah, 20, kawasan Gunung Sunda cukup menarik dan nyaman dijadikan tempat bersantai. Menikmati libur tapi tidak jauh dari pusat kota.” Saya sama temen temen sengaja kemah disini, menikmati suasana pagi disini,” tandas dia.(mg35)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up