Jelajah

Libur Panjang Paskah, Curug Cibeureum jadi Favorit Wisatawan

SUB-KEDUA
IST FAVORIT: Sejumlah wisatawan sedang menikmati keindahan air terjun (curug) Cibeureum di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

SELABINTANA – Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango tak hanya menjadi jalur pendakian favorit bagi para pendaki. Di kawasan tersebut tersedia banyak objek wisata alam.

Bertepatan libur panjang Wafat Isa Almasih atau Paskah, sejumlah wisatawan memadati kawasan air terjun atau Curug Cibeureum di wilayah Resort Selabintana Kecamatan/Kabupaten Sukabumi. Air terjun Cibeureum menawarkan eksotiknya pemandangan. Memiliki ketinggian mencapai 60 meter, Cibeureum menjadi air terjun tertinggi di kawasan itu.

Untuk mencapai lokasi, dari kantor Resort Selabintana butuh waktu sekitar 1,5 jam dengan cara berjalan kaki atau berjarak sekitar 3,5 kilometer. “Iya, ada peningkatan jumlah pengunjung sejak libur pekan ini,” terang Kepala Resort Selabintana, Dadi Haryadi, kepada wartawan, kemarin.

Wisatawan yang berkunjung kebanyakan datang secara rombongan dan keluarga. Mereka tak hanya dari warga Sukabumi dan sekitarnya saja, tapi juga dari luar kota. “Kalau yang dari luar kota biasanya mendirikan tenda untuk berkemping. Di kawasan ini kami menyiapkan lahan untuk berkemah. Tapi ada juga warga Sukabumi yang berkemah,” tuturnya.

Dadi mengestimasi lonjakan wisatawan naik dua kali lipat dari biasanya. Tak sedikit di antara wisatawan itu langganan berkunjung ke kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, khususnya ke Resort Selabintana. “Resort Selabintana juga merupakan jalur resmi pendakian. Apalagi sekarang pendakian dibuka kembali,” sebutnya.

Para pengunjung pun mengaku ketagihan berwisata ke Curug Cibeureum. Mereka menilai air terjun Cibeureum berbeda dengan air terjun lainnya. “Jadi tak pernah bosan kalau berkunjung ke sini,” aku Lismasari, wisatawan asal Kabupaten Sukabumi.

Lelahnya perjalanan akan terbayar ketika sampai di lokasi. Lisma pun sudah berkali-kali datang ke Curug Cibeureum hanya sekadar menikmati eskotisnya pemandangan di sana. “Perjalanannya memang melelahkan karena jalurnya naik-turun. Tapi terbayar ketika sudah sampai di sini. Tempatnya eksotik dan udaranya segar. Bisa sambil berfoto-foto dengan back ground air terjun,” kelakarnya.

Senada diungkapkan Ramadani, wisatawan asal Jakarta. Ia mengaku berlibur di kawasan Resort Selabintana karena ingin refreshing selepas melaksanakan ujian nasional. “Saya datang bersama teman-teman dari Jakarta. Pusing kalau tidak refreshing. Kami pilih berlibur ke sini karena murah-meriah tapi pemandangannya bagus,” tandas Ramadani. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up