Sukabumi Raya

Lestarikan Patisalan Prabu Siliwangi

PHOTO1

Warga Desa Cikujang Galakan Gerakan Sadar Kebersihan

GUNUNGGURUH – Komponen masyarakat Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi bergotong royong membersihkan akses jalan menuju objek wisata religi Gua Kutamaneuh, kemarin (27/2). Gerakan sadar kebersihan ini diinisiasi oleh Linmas desa setempat sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian tempat bersejarah tersebut.

Anggota Linmas Desa Cikujang, Sesep mengatakan, gerakan sadar kebersihan ini sebagai bentuk kepedulian putera daerah Kampung Gua Kutamaneuh. Pasalnya, kata dia, lokasi ini merupakan tempat bersejarah satu-satunya di Kecamatan Gunungguruh yang pernah menjadi patilasan atau persinggahan Prabu Siliwangi pada masa kerajaan dahulu.

“Gerakan bersih-bersih ini rutin dilaksanakan setiap bulannya dibantu oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa, BKM, tokoh pemuda dan warga,” kata dia, kemarin (27/2).

Ke depan, lanjut dia, gerakan ini akan digalakan setiap pekan agar akses dan lokasi objek wisata bersejarah ini bisa terus terjaga kebersihannya. Sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi para pengunjung wisata religi Gua Kutamaneuh.

“Kami berharap, di gerakan bersih-bersih pekan mendatang, semua komponen masyarakat termasuk tokoh kuncen Gua Kutamaneuh bisa turut memberi kontribusi dan berkomitmen menjaga kebersihannya,” pintanya.

Selain itu, kata dia, semua komponen juga saling mengingatkan untuk menjaga kebersihan. Terutama memberi imbauan kepada pengunjung untuk tidak membuang sampah di dalam gua. “Kalau bukan kita, siapa lagi yang mengingatkan dan menjaga aset bersejarah ini,” tandasnya.

Kepala Desa Cikujang Uus Somantri mengatakan, gerakan ini muncul dari inisiatif para Linmas dan warga untuk menggalakan cinta kebersihan dan kelestarian objek wisata Gua Kutamaneuh.

“Untuk Linmas saya apresiasi. Mudah-mudahan jiwa kepedulian kepada Gua Kutamaneh terus dipertahankan demi nilai sejarah yang patut kita junjung dan kita kenalkan ke halayak banyak,” tandasnya.(udi/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up