Metropolitan

Lapas Nyomplong Ajarkan Warga Binaan Berdzikir

NO FOTO

SUKABUMI – Lapas Kelas II B Kota Sukabumi menggelar maulid Nabi Muhammad SAW, kemarin (7/12). Para narapidana dan tahanan di lapas itu diberikan siraman rohani oleh KH Aang Abdullah Zain dari Pondok Pesantren Hazaniah Nagrog Sukabumi.

“Para napi dan tahanan kami ajarkan budaya dzikir sebagai bentuk pembinaan untuk selalu mengingat Allah SWT. Momentumnya bertepatan dengan  Maulid Nabi Muhammad SAW, ” ujar Kasie Pembinaan Anak Didik (Binadik) dan kegiatan kerja Lapas Kelas II B Nyomplong, Tahar Abdul Syukur, kemarin (7/12).

Tahar yang juga ketua panitia Maulid Nabi Muhammad SAW berharap, dengan peringatan maulid nabi ini warga binaan dapat mengubah perilaku warga binaan yang tadinya kurang baik menjadi lebih baik lagi. Apa yang dicontohkan bisa diimplementasikan oleh warga binaan kelak nanti. “Sekeluarnya dari lapas, para mantan napi bisa bermanfaat di lingkungannya. Adapun tema di tahun ini marilah kita teladani akhlak Rasulullah dalam kehidupan sehari hari,” ucapnya.

Di Lapas Kelas II B Kota Sukabumi terdapat sebanyak 452 warga binaaan. Mereka harus bisa nantinya mengaplikasikan nila-nilai keagamaan di lingkungannya. “Termasuk mampu membaca Alquran,” paparnya.

Di sela kegiatan, Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyerahkan secara simbolis Alquran untuk Pesantren Albarokah Lapas Kelas II B. Sebab, pesantren yang berada di dalam lapas ini mengutamakan warga binaannya agar mampu membaca Alquran. “Kami mengajarkan warga binaan mulai dari belajar membaca Iqro. Sejauh ini masih banyak warga binaan yang belum bisa membaca huruf hijaiyah,” ungkapnya.

Aktivitas di pesantren dilakukan setiap Senin sampai Kamis mulai pukul 08.30 WIB sampai menjelang dzuhur. “Pembinanya dari pihak MUI,” imbuhnya.

Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menambahkan, kegiatan Maulid Nabi SAW bertujuan untuk meningkatkan keimanan agar kelak warga binaan bisa kembali ke jalan yang benar. “Mereka masuk ke lapas karena kondisi keimanannya kurang. Kita coba bangun kembali fondasi keimanan mereka agar bisa lebih dekat dengan Allah SWT,” tandasnya.(ovi/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

Scroll Up