Hukum & Kriminal

Lapas ‘Dilempari’ Paket Ganja

Diduga Ada yang Berupaya Selundupkan Narkotika

SUKABUMI – Upaya penyelundupan narkotika kembali terjadi di Lapas Kelas II B Kota Sukabumi. Namun modus yang digunakan pelaku berbeda dengan sebelumnya. Kemarin (21/1) dinihari, regu petugas jaga malam di lapas yang berada di Jalan Lettu Bakrie Kelurahan Nyomplong Kecamatan Warudoyong itu menemukan bungkusan yang didalamnya terdapat paket ganja.

Informasi yang dihimpun Sukabumi Ekspres, sekitar pukul 04.00 WIB, petugas jaga mendengar suara cukup keras di atas genteng dari salah satu ruangan. Para petugas kemudian melaporkan ke kepala pengamanan lapas setempat. Setelah mendapatkan perintah, para petugas mengecek arah suara itu. Didapati bungkusan plastik hitam yang dilakban dengan rapi.

“Suaranya cukup kencang sehingga menimbulkan kecurigaan,” kata Kepala Keamanan Lapas Kelas II B Kota Sukabumi, Alviantino, kemarin (21/1).

Petugas langsung mengamankan bungkusan itu. Setelah dibuka, lanjut Alviantino di dalamnya terdapat barang yang diduga narkotika jenis ganja. “Di dalamnya ternyata ada ganja,” jelas dia.

Setelah barang bukti diamankan, kata dia, ia langsung melaporkan ke kepala lapas. Atas perintah kalapas, Alviantino segera berkoordinasi dengan Polres Sukabumi Kota dan BNN Kabupaten Sukabumi. “Belum diketahui siapa pemilik barang itu. Barang itu tak bertuan,” jelasnya.

Untuk penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut, pihak lapas menyerahkan sepenuhnya kasus temuan narkotika itu ke pihak kepolisian. “Kami serahkan sepenuhnya pengembangan kasus ini kepada pihak kepolisian. Barang buktinya sudah kami serahkan ke polres,” tandasnya.

Sebelumnya petugas lapas juga sempat menggagalkan upaya penyelundupan satu paket sabu-sabu dan satu paket ganja dari seorang tahanan yang sudah mengikuti proses sidang di Pengadilan Negeri Kota Sukabumi, belum lama ini. Pascapenggagalan upaya penyelundupan narkotika itu, petugas lapas melaksanakan juga razia barang terlarang dimiliki warga binaan.

Hasil penggeledahan ke 17 kamar sel, petugas menemukan sebanyak sembilan buah telepon seluler, enam buah power bank rakitan, enam buah charger rakitan, empat buah headset, serta 12 buah sendok besi untuk makan. Khusus sendok makan, peralatan itu bisa saja dijadikan senjata tajam.(ovi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up