Sukabumi Raya

Kursi Dapil III bakal Bertambah?

PHOTO4

CIBADAK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi menggelar Uji Publik Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Sukabumi tahun 2019. Uji publik tersebut dilangsungkan Jumat (9/2) di Gedung Badan Koordinasi Koperasi Kredit Daerah (BK3D), Jalan Perintis Kemerdekaan, Cibadak. Nampak hadir perwakilan 15 Partai Politik yang yang lolos verifikasi persyaratan Pemilu Legislatif 2019 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Dede Haryadi mengatkan, uji publik penataan dapil ini merupakan tahapan rapat internal untuk mengusulkan berapa dapil yang ada di Kabupaten Sukabumi. Usulan dapil tersebut, jelas Dede, harus mengikuti tujuh prinsip, diantranya kesetaraan suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proposional, proposionalitas, coterminus, kohesivitas, integralitas wilayah dan kesinambungan dengan pemilu sebelumnya.

“Rapat uji publik ini dilaksnakan setelah sebelumnya digelar pleno terbuka rekapitulasi hasil penelitian administrasi dan verifikasi terhadap 15 partai politik calon peserta Pileg tahun 2019,” ujar Dede kepada Sukabumi Ekspres, kemarin (10/2).

Verifikasi faktual partai lama, kata Dede, terdiri dari verifikasi kepengerusan, penelitian domisili kantor, keterwakilan perempuan dan keanggotaan partai. Hal itu sesuai dengan Peraturan KPU nomor 5 dan 6 tentang perubahan jadwal tahapan.

“Semua hasil verifikasi sudah lengkap dan dan 15 Parpol siap bertarung di Pileg nanti,” jelasnya.

Ia menambahkan, tahapan demi tahapan dilaksankan sesuai Peraturan KPU nomor 5 Tahun 2018 tentang perubahan atas PKPU nomor 7 Tahun 2017 tentang tahapan program dan jadwal pemilihan umum tahun 2019 mendatang. Uji Publik ini dilakukan lantaran ada penambahan kursi parlemen di Dapil III.

“Tadinya di Dapil III hanya diusulkan enam kursi. Karena Kecamatan Tegalbuled akan masuk ke dapil tersebut, maka akan ada penambahan satu kursi di Dapil III menjadi tujuh kursi,” pungkasnya.(udi/hrl/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up