Metropolitan

Kuota Angkutan Online Diterapkan Bulan Depan

SUKABUMI – Kuota angkutan online di Kota Sukabumi ditetapkan sebanyak 485 kendaraan untuk roda empat berdasarkan keputusan gubernur Jawa Barat. Rute dan kuota angkutan online yang akan beroperasi di wilayah Kota Sukabumi akan diberlakukan mulai 1 Februari mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi, Abdul Rachman, mengatakan surat keputusan kuota dan rute trayek angkutan online telah ditetapkan dan akan diberlakukan terhitung 1 Februari 2018 mendatang. Pemberlakuan rute ini bersamaan dengan penetapan kuota angkutan online yang akan beroperasi berdasarkan ketentuan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 550/Kep.1064-Dishub/2017 tentang Penetapan Wilayah Operasi dan Rencana Kebutuhan Angkutan Sewa Khusus di Daerah Jawa Barat.

“Pak Gubernur tetap mengakomodir usulan dari kita di awal. Kalau roda empat sudah ditetapkan, sedangkan untuk kendaraan roda dua belum diatur karena tidak termasuk angkutan umum,”¬† ujar dia kepada wartawan di ruang kerjanya, kemarin (10/1).

Selain pembatasan kuota, keputusan itu juga mengatur wilayah operasi angkutan online yang meliputi Kota dan Kabupaten Sukabumi serta Kabupaten Cianjur dalam satu wilayah. Operasi wilayah hanya meliputi tiga daerah tersebut, penumpang maupun penyedia aplikasi¬† tidak boleh melanggar ketentuan yang akan diberlakukan nanti. Dalam waktu dekat, Dishub Kota Sukabumi akan melakukan sosialisasi keputusan gubernur tersebut kepada para penyedia aplikasi angkutan online. “Ini tujuannya agar para pengusaha penyedia aplikasi dapat mengetahui dan mentaati ketentuan yang tercantum pada keputusan gubernur,” jelas Abdul.

Ketika peraturan itu telah diimplementasikan, lanjut dia, penyedia aplikasi angkutan online harus memenuhi 9 item antara lain wajib KIR, berbadan usaha, tanda khusus pada setiap kendaraannya, dan memiliki dashboard. Ketentuan ini diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum tidak Dalam Trayek. “Para pengusaha harus mempersiapkan kelengkapan sembilan item tersebut dari sekarang agar pada saatnya nanti semuanya telah lengkap,” tandas dia. (ovi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up