Metropolitan

KTP Elektronik Rampung Sebelum Pilkada

FOTO1

Masih Banyak Warga Gunakan Suket

SUKABUMI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi menargetkan penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik selesai sebelum pemungutan suara pada pilkada serentak 28 Juni mendatang. Pasalnya, sejauh ini banyak masyarakat yang masih menggunakan surat keterangan (suket) pengganti sementara KTP elektronik.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi Iskandar mengatakan, saat ini Kota Sukabumi memiliki hampir 6.000 blangko untuk penerbitan KTP elektronik. Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar Kota Sukabumi diberikan dispensasi persediaan blangko menhadapi pilkada serentak. Dalam hal ini masyarakat diimbau untuk tetap pro-aktif membuat dokumen kepemilikan KTP.

“Masyarakat juga harus pro-aktif. Kami mencetak untuk didistribusikan ke masing-masing kelurahan dan kecamatan. Biasanya kami dapat hanya 2.000 blangko. Tapi karena mau pilkada jadi 6.000 lembar suket KTP elektronik harus sudah diganti pakai blangko,” ujar dia.

Dalam satu hari pemohon pembuatan KTP terus bertambah. Kondisi itu tak terlepasjumlah penduduk yang berusia 17 tahun setiap hari juga bertambah 85 sampai dengan 100 orang. Di akhir tahun 2017, kata Iskandar, terjadin peningkatan pemohon pembuatan KTP elektronik hampir mencapai 92 persen, perekaman KTP sebanyak 7.602, dan cetak KTP sebanyak 22.587 lembar. Sedangkan di awal 2018 sampai kemarin (8/1), perekaman KTP elektronik sebanyak 176 serta cetak KTP sebanyak 1.942 lembar.

“Di akhir 2017 ada peningkatan. Seperti halnya cakupan KTP sudah mencapai 92 persen. Akte kematian dari 70 menjadi 90 pemohon  atau dari 40 persen menjadi 70 persen. Hl ini mungkin disebabkan inovasi program yang kami lakukan ke beberapa pihak yakni Jempol atau Jemput Bola Pelayanan,” kata dia.

Disdukcapil akan berusaha memaksimalkan pelayanan yang ada melalui empat indikator yakni cakupan penerbitan KTP, kartu keluarga (KK), akte kelahiran, dan akte kematian, sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Sukabumi. “Jadi kalau diukur dari kinerja ada empat indikator sesuai RPJMD wali kota Sukabumi,” terang dia.

Tahun ini Disdukcapil akan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat melalui program Si jempol. Biasanya dalam satu bulan dilakukan hanya satu kali, ke depan akan dilakukan sedikitnya satu bulan dua kali.  “Saya rasa kesadaran masyarakat sudah semakin meningkat. Jadi keinginan mendapatkan dokumen sebagai hak warga negara cukup tinggi,” tandas dia.(ovi) 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up