Pendidikan

Kota Sukabumi Tuan Rumah Kegiatan Pelajar ASEAN

PHOTO3

SUKABUMI – Kota Sukabumi akan menjadi tuan rumah pelaksanaan ASEAN Youth Camp Indonesia (AYCI) 2018. Kegiatan tersebut digelar untuk berbagi pengalaman dan mengenalkan masing-masing budaya dari masing-masing negara.

Kemarin (30/1), Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz membuka AYCI 2018 di aula SMAN 3 Kota Sukabumi. Pelajar yang hadir dalam acara tersebut berasal dari delapan negara ASEAN yakni Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Filipina, Laos, Kamboja, dan Singapura.

“Acara ini menjadi sarana untuk memperkenalkan Indonesia terkait keragaman budaya, suku, dan bangsa khususnya yang ada di Sukabumi. Ada delapan negara ASEAN yang mengirimkan pelajar tingkat SMA ke ajang AYCI 2018 di Sukabumi,” ujar Muraz kepada wartawan selepas pembukaan acara di SMAN 3 Kota Sukabumi, kemarin (30/1).

Kegiatan ini memberikan informasi bagaimana Indonesia bisa bersatu dalam keanekaragaman budaya dan suku bangsa. Bahkan Indonesia dapat menjadi salah satu negara yang hebat di masa yang akan datang. Nantinya para pelajar ASEAN ini akan belajar mengenai berbagai pengetahuan yang ada di Indonesia, khususnya Sukabumi. “Sehingga pengetahuan ini dapat diterapkan di negaranya masing-masing,” terang dia.

Dalam acara AYCI 2018 digelar berbagai kegiatan antara lain ASEAN School Movie Festival yang digelar pada Selasa malam di Hotel Pangrango Sukabumi. Selain itu dihadirkan pula cross culture performance dan acara game edutainment. “Kegiatan ini juga sebagai bentuk promosi wisata di Kota Sukabumi dan daerah lainnya di Indoenesia. Selepas dari Sukabumi, para pelajar dari negara ASEAN ini akan mengunjungi lokasi wisata lainnya di Indonesia,” terang Muraz.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi Dudi Fathul Jawad menambahkan, Kota Sukabumi berbangga bisa menjadi tuan rumah acara AYCI 2018. “Informasinya kegiatan ini sudah kelima kali digelar. Sebelumnya di Thailand,” ujar dia.

Menurut Dudi, kegiatan ini menunjukkan adanya pergaulan internasional di bidang pendidikan ynag berjalan cukup bagus. Acara ini digelar dalam rangka berbagi pengalaman dan budaya serta pengetahuan sehingga dapat diterapkan di negara masing-masing.

“Intinya AYCI menjadi ajang meningkatkan persahabatan khususnya di kalangan generasi muda. Sehingga negara-negara ASEAN dapat terus terjalin kerja sama yang baik sebagai negara tetangga,” pungkasnya.(ovi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up