Metropolitan

Kota Sukabumi Butuh SDM Putra Daerah

NO PHOTO

SUKABUMI – Kota Sukabumi sepertinya membutuhkan kehadiran putra daerah sebagai bagian dari pelaku pembangunan. Sayangnya, peran serta putra daerah tersebut kurang maksimal karena sebagian dari mereka malah berkiprah di luar daerah. Hal itu disampaikan Ketua Yayasan Wiyata Indonesia, Maria Tirta Wiyata ketika dimintai pandangannya seputar pengembangan SDM dalam upaya memajukan Kota Sukabumi.

Ada hal menarik untuk diperhatikan, ujar Maria. Warga Kota Sukabumi setelah lulus SMA/SMK/MA bagi yang ingin melanjutkan kuliah ada kecenderungan untuk memilih perguruan tinggi di kota lain.

“Pada umumnya mereka yang kuliah di luar kota jarang yang kembali ke Kota Sukabumi. Sementara di sisi lain kota Sukabumi membutuhkan sumber daya manusia yang sudah menimba ilmu di perguruan tinggi ternama di luar kota untuk membangun bersama dengan warga lainnya,” kata Maria kepada wartawan di Kampus Institut Manajemen Wiyata Indonesia (IMWI) Kota Sukabumi, kemarin (12/2).

Para putra daerah itu dapat menjadi bagian dari pemangku kepentingan untuk mengembalikan kejayaan Kota Sukabumi yang pada masa lalu faktor-faktor positifnya terkenal hingga ke mancanegara. Beberapa dekade ke belakang, kata dia, Kota Sukabumi merupakan kota yang indah, nyaman dan asri. Tentu keadaan Kota Sukabumi di masa lalu itu selalu membangkitkan kenangan bagi mereka yang pernah mengalaminya.

“Pada masa itu, lalu lintas kendaraan bermotor terlihat tertib dan terparkir dengan rapih. Para pejalan kaki merasa nyaman berjalan di atas trotoar sambil melihat-lihat toko dan berbelanja. Sementara pedagang kaki lima berjualan dengan tertib di area yang diizinkan. Semuanya tertib dan nyaman,” ungkap dia.

Ditarik ke masa sebelum kemerdekaan, nama Sukabumi pernah tenar sampai ke Singapura danMalaysia karena ada beberapa restoran ternama yang menyajikan menu-menu bercita rasa tinggi. Para orang tua masa lalu sangat mengenal nama-nama restoran seperti Ciwangi, Salju dan Akur.

“Kota Sukabumi juga memiliki atlet, artis, seniman, dan pelaku usaha yang berkiprah di tingkat nasional. Para pemangku kepentingan di kota ini harus terus berupaya untuk melestarikan kota sekaligus membangun kota tercinta ini untuk menjadi lebih baik di berbagai bidang,” ujarnya.(ndi/hrl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up