Sukabumi Raya

Komnas HAM Pertanyakan Penyegelan Masjid Ahmadiyah

PLARA – Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono menerima kunjungan kerja Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNAS HAM) yang dipimpin oleh Kepala Biro Dukungan Penegakan HAM Johan Efendy beserta tiga jajarnaya di Aula Pendopo Palabuhanratu, kemarin (28/2).

Dalam sambutannya, Johan menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan mereka dalam rangka mencari informasi dan mendapatkan masukan terkait penyegelan Masjid Al-Furqon milik Jemaah Ahmadiyah di Kampung Parakansalak RT 02/02 Desa/Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi pada Selasa (26/6) 2016 lalu.

“Kami ingin menggali informasi atas pengaduan dari warga Parakansalak, kemudian kami menindaklanjuti dan mengkonfirmasi pengaduan itu,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Adjo menjelaskan bahwa kedatangan Komnas HAM hanya ingin mendapatkan informasi terkait situasi terkini di Parakansalak.

“Kita jawab bahwa sekarang situasi di lapangan kondusif setelah ada penyegelan, dan memang ada kegiatan-kegiatan yang keluar dari keputusan bersama 3 menteri,” terangnya usai pertemuan.

Adjo menambahkan, di lapangan sebetulnya saling menghargai dan menghormati, tapi karena ekslusifitas mereka yang tidak mau bergabung dalam melaksanakan ibadah bersama masyarakat sehingga menimbulkan permasalahan.

“Imbasnya dianggap ormas Islam lain termasuk MUI bahwa kegiatan-kegiatan mereka ada penyimpangan,” bebernya.

Wabup berharap, dengan datangnya Komnas HAM bisa meluruskan dan mencarikan solusi atas permasalahan ini. Sehingga ke depan muncul suatu kesepakatan bersama tanpa ada yang disudutkan dalam menjalankan ibadah.

“Harus saling menghargai saja keputusan kesepakatan bersama. Termasuk juga dari pihak jemaah ahmadiyah untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan dan kesepakatan,” imbaunya.(rls/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up