Gerbang Desa

Ketua RT dan RW Dilatih Pelayanan Administrasi

OPEN
PELATIHAN: Puluhan ketua RT dan RW di Desa Cibentrang Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi mengikuti bimbingan teknis pelatihan pelayanan administrasi.

Peran Mereka Strategis Bantu Pemerintah

GUNUNGGURUH – Puluhan ketua rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) di wilayah Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, mendapatkan pelatihan pelayanan administrasi untuk membantu pemerintah desa. Kondisi itu mencirikan jika peran ketua RT dan RW cukup strategis.

Kepala Desa Cibentang Asep? Sukandar mengatakan, sebagai mitra pemerintah desa dan kecamatan, setiap ketua Rt dan RW sangat membantu dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan. Karena itu perlu adanya penajaman wawasan dalam segi pelatihan administrasi.

“Suksesnya program SKPD merupakan bentuk partisipasi warga. Kami memberikan pelatih wawasan keadministrasian untuk ketua RT dan RW di wilayah wawasan dan pengetahuan mereka lebih tajam,” jelas dia.

Nantinya setiap ketua RT maupun RW bisa membantu memberdayakan masyarakat. Peranan mereka diatur Perda Nomor 17 Tahun 2001 tentang Pedoman Penataan RT dan RW. “Mereka yang langsung bersentuhan langsung dengan warga?,” kata dia.

Tugas utama mereka antara lain membantu kelancaran pelaksanaan tugas desa dalam penyelenggaraan bidang pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan yang sedang dan akan berjalan. Berbagai materi yang diberikan di antaranya dalam bidang pelayanan administrasi kependudukan dan administrasi pemerintahan yang lain, pemeliharaan keamanan, ketertiban dan kerukunan hidup antarwarga, penggerak swadaya gotong-royong dan partisipasi masyarakat di wilayahnya. “Selain itu mereka bertugas memediasi komunikasi, informasi, dan sosialisasi antara pemerintah daerah dan masyarakat,” imbuhnya.

Asep berharap, dengan adanya kegiatan itu maka pelayanan masyarakat dalam membatu roda peningkatan pembangunan desa bisa lebih meningkat. Pada kesempatan itu ketua RT dan RW diberikan insentif yang dialokasikan dari alokasi dana desa tahap I. “Mudah-mudahan pelatihan ini bisa memberikan manfaat bagi semua,” tandas dia.(udi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up