Sukabumi Raya

Kejari Diduga Petieskan Kasus?

Elemen Mahasiswa Unjuk Rasa Tuntut Penyelesaian

SUKABUMI – Solidaritas Mahasiswa Sukabumi (Somasi) dan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Sukabumi (PB Himasi) mendesak Kejaksaan Negeri Cibadak menuntaskan berbagai kasus tindak pidana korupsi. Desakan itu menguat karena mereka menilai penanganan tindak pidana korupsi diduga dipetieskan.

Koordinator lapangan Somasi, Ripal Rinaldi, mengatakan sejauh ini yang diketahuinya laporan dugaan tindak pidana korupsi di Kabupaten Sukabumi paling banyak di Jawa Barat. Sayangnya, dalam penanganannya minim penyelesaian.

“Kami ingin keadilan terus ditegakan. Kami menyatakan sikap memerangi segala bentuk tindakan korupsi,” tegas Ripal di sela aksi unjuk rasa menyambut Hari Antikorupsi di depan Kantor Kejari Cibadak, kemarin (6/12).

Dalam tuntutannya, massa gabungan itu meminta kejelasan hukum yang telah ditangani Kejari Cibadak selama ini. Bahkan, beberapa laporan kasus tersebut diduga dipetieskan itu. “Aneh saja, laporan terbanyak di Jawa Barat, tapi belum ada satu pun yang tuntas,” kata Ripal.

Korlap PB Himasi Ibnu Habiburrahman menambahkan dalam aksi tersebut terdapat tujuh poin tuntutan penanganan kasus yang perlu dibuka kepada publik. Ketujuh kasus itu yakni anggaran pengadaan videotron 2017, anggaran pengadaan layanan terpadu satu atap penempatan dan perlindungan tenaga kerja tahun 2016, pembangunan gedung DPRD yang belum selesai sejak 2016, usut tuntas penghapusan aset Dinas Pendidikan tahun anggaran 2016. “Poin-poin tersebut perlu dijawab pihak Kejari Cibadak secara gamblang dan sejauh mana penyelesaiannya. Kejari tidak boleh tebang pilih dalam pemberantasan Tipikor,” tambahnya.

Selain itu, Himasi juga meminta kejelasan pelesaian kasus-kasus yang terkesan dipetieskan. Satu di antaranya kasus di Dinas Permkimsih soal pengadaan ruang terbuka hijau pada tahun 2016. “Kami menuntut pihak Kejari untuk segera menyelesaikan kasus-kasus yang ada di Kabupaten Sukabumi,” tandasnya.(mg1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up