Sukabumi Raya

Kecamatan Cicurug tak Masuk LP2B

PHOTO5

SUKABUMI – Dari 47 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi, Kecamatan Cicurug merupakan satu-satunya kecamatan yang tak masuk kategori Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B). Dampaknya, sebagian besar lahan pertanian di Kecamatan Cicurug dengan mudah beralih fungsi menjadi lahan perumahan, pabrik atau tempat usaha lainnya.

“Para petani yang ada di 46 kecamatan sudah menyatakan LP2B dan dilarang untuk melakukan alih fungsi. Sementara di Kecamatan Cicurug, para petani belum siap menyatakan LP2B. Mereka beralasan, banyak industri yang masuk kesana, sehingga petani tidak siap bercocok tanam dan mungkin lahannya masih bisa dijual dengan harga yang cukup fantastis,” jelas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Dedah Herlina kepada Sukabumi Ekspres, kemarin (7/2).

Lebih lanjut, Dedah mengaku akan memberikan reward atau hadiah bagi warga yang memiliki lahan pertanian dan menyatakan LP2B. Hadiah yang diberikan dalam bentuk sertifikasi lahan dan bantuan dari pemerintah. Sementara untuk penerapan punishment atau sanksi, Dedah masih kesulitan lantaran belum ada Perda maupun Perbup. Saat ini, papar Dedah, dari 46 kecamatan baru ada 20 ribu hektare lahan milik petani yang sudah menyatakan LP2B. Sementara lahan yang sudah di bakukan melalui Peraturan Desa (Perdes) baru mencapai 13 ribu hektare.

“Perda maupun Perbup tidak ada, sehingga kami sulit bertindak untuk menghukum mereka karena tidak ada dasarnya. Tapi kalau sudah LP2B, ketika lahan produktif dialihfungsikan, mereka harus membayar tiga kali lipat dari harga panen,” lanjutnya.(ovi/hrl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up