Gerbang Desa

Kecamatan Cicurug Gencar Sosialisasikan ZIS

BERBAGI: Kewajiban membayar zakat, infaq, dan sedekah, menjadi bagian membantu warga yang membutuhkan.

CICURUG – Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi terus ikut serta dalam menyosialisasikan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) Kabupaten Sukabumi. Partisipasi itu diharapkan bisa menjaring masyarakat sadar ZIS.

Sekmat Cicurug, Sugiman, mengatakan, sebanyak 47 RT dan 7 RW rencananya akan dibentuk ZIS di Desa Kutajaya. Pengukuhan pengurus ZIS diharapkan bisa selesai sebelum Ramadan nanti.

“Semoga dengan adanya pembentukan ZIS di setiap RT dan RW menjadi bermanfaat bagi kita semua. Zakat, infaq, dan sedekah merupakan kewajiban umat Islam untuk berbagi kepada yang membutuhkan,” ujar Sugiman, kemarin (5/3).

Ketua Forum ZIS Desa Kutajaya, KH Raden Abdul Basit, mengharapkan agar di setiap desa bisa terbentuk ZIS. “Manusia adalah makhluk sosial. Hal ini disadari benar oleh Islam. Karenanya Islam sangat mencela individualistis dan sebaliknya sangat menekankan pembinaan dan semangat ukhuwah,” kata dia.

ZIS merupakan satu di antara pembinaan ukuwah yang selalu diterapkan kepada umat Islam. “ZIS mengajarkan kepada kita satu hal yang sangat esensial yaitu bahwa Islam mengakui hak pribadi setiap anggota masyarakat, tetapi juga menetapkan bahwa di dalam kepemilikan pribadi itu terdapat tanggung jawab sosial atau dalam kata lain bahwa Islam dengan ajarannya sangat menjaga keseimbangannya antara maslahat pribadi dan maslahat sosial,” jelasnya.

Ia berharap, ke depannya ZIS di setiap desa di Kabupaten Sukabumi akan segera terbentuk. “Saya mengajak agar setiap desa di Kabupaten Sukabumi bisa membentuk ZIS hingga ke tingkat RT dan RW,” tandasnya.(udi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up