Metropolitan

Kartu Tani Belum Digunakan Petani

FOTO2

SUKABUMI – Kartu Tani di Kota Sukabumi belum bisa digunakan para petani. Saat ini masih dalam tahap sosialisasi mekanisme penggunaannya.

“Waktu itu masih sebatas launching. Tindak lanjutnya di Kota Sukabumi, sekarang baru dijadwalkan akan melakukan simulasi cara penggunaannya kepada para petani,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi, kemarin (6/12).

Teknisnya, kata Kardina, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Sukabumi menggandeng pihak perbankan. Pasalnya, penyaluran Kartu Tani melalui pihak perbankan yang sudah ditunjuk pemerintah. “Simulasinya baru akan dilaksanakan di satu kecamatan dulu. Hasil rapat terakhir dengan pihak bank, lokasinya yang ditunjuk di Kecamatan Lembursitu. Nantinya itu jadi pilot project,” tuturnya.

Hasil pendataan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Sukabumi terdapat sebanyak 4.340 petani yang akan mendapatkan Kartu Tani. Namun jumlahnya bisa saja bertambah atau berkurang. Artinya, data itu masih dinamis karena bisa saja ada yang meninggal dunia atau bisa jadi bertambah karena belum terdata kembali.

“Kalau ada petani lainnya yang belum ter-cover karena mungkin dulunya belum tertarik, nanti mereka dipersilakan untuk mendaftar. Nanti kami akan usulkan. Tapi berdasarkan persyaratannya, mereka (petani) harus tergabung dulu dengan kelompok tani atau gabungan kelompok tani,” tegasnya.

Kardina menilai program Kartu Tani akan sangat membantu para petani. Khususnya dalam proses mendapatkan pupuk bersubdisi.

“Jelas sangat membantu. Mereka yang memiliki Kartu Tani bisa mengakses mendapatkan pupuk bersubsidi. Kalau dulu kan (sebelum ada Kartu Tani), siapa saja petaninya boleh mengakses mendapatkan pupuk subsidi. Padahal di satu sisi kita tak mengetahui jelas siapa petani itu. Sekarang bisa lebih tertata lagi dan penyaluran pupuk bersubdisi pun lebih efektif dan akurat karena diberikan langsung kepada yang berhak,” ujarnya.(red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

Scroll Up