Cianjur

Karang Taruna Desa Bojongkokosan Gelar Lomba Mural

KAKIAN
UJANG HERLAN/SUKABUMI EKSPRES KREATIF: Dinding tembok yang berdekatan dengan lapang sepakbola di Desa Bojongkokosan Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi dijadikan media digelarnya lomba mural. Kegiatan itu merupakan salah satu acara memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-72.

 

Kemeriahan Menyambut HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Sukabumi

Berbagai lomba digelar kalangan masyarakat untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-72. Satu di antaranya dilaksanakan masyarakat Desa Bojongkokosan Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi. Di tempat itu digelar lomba lukis dinding (mural). Simak ceritanya!

UJANG HERLAN, Parungkuda

DINDING tembok itu terbentang menghadap lapang sepakbola Babakan Peundeuy. Semula dinding tembok itu seperti kebanyakan. Tapi oleh masyarakat di sana dinding tembok itu dijadikan media lomba melukis dinding alias mural.
“Tujuan kegiatan ini untuk menggali potensi masyarakat. Mereka bisa berkreasi dalam seni lukis. Karena antusias masyarakat cukup tinggi, tahun depan kita agendakan lagi lomba ini,” terang Sekretaris Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) Desa Bojongkokosan, Ismat Mulyana, kemarin (14/8).

Pesertanya sebanyak 40 orang. Mereka berasal dari delapan rukun warga (RW). Masing-masing RW mengirimkan lima peserta. Media yang digunakan untuk melukis milik desa. Lokasinya menghadap langsung lapang sepakbola Babakanpeundeuy. Tim juri menetapkan penilaiannya dari sisi estetika dan tema lukisan. “Ada delapan tema yang kami siapkan. Inti temanya kental dengan perjuangan. Hasil penilaian akan diumumkan nanti saat puncak acara,” sebutnya.

Ketua Pengurus Kecamatan KNPI Parungkuda, Agus Mulyasana alias Busto, mengapresiasi kegiatan lomba yang bisa menampung hobi dan bakat kalangan pemuda di sana. Lomba itu tentunya bisa menjadi sarana mengarahkan hal-hal positif. “Tentu kami bangga karena ada pelibatan anak muda,” ujarnya.

Sudah sepatutnya pemerintah desa merangkul generasi muda dalam berbagai kegiatan. Hal itu menjadi latar belakang untuk meningkatkan pembangunan desa yang baik. “Saya yakin, keterlibatan anak muda akan membawa dalam kemajuan peningkatan desa. Minimalnya mampu memberikan inovasi baru dan terhindar dari pergaulan negatif,” ungkapnya.

Ucup Supriadi, peserta, menambahkan antusias dengan kegiatan tersebut. Tema lukisan yang dibuatnya soal sepakbola. “Kami sesuaikan dengan lokasi tema lukisannya,” teang Ucup yang juga sekretaris RW 01.
Lomba mural dimulai sejak 10 Agustus dan berakhir 17 Agustus. Dia berharap lomba itu bisa memberikan manfaat karena bisa juga memperindah lingkungan dengan lapang sepakbola. “Saya yakin bakat anak muda akan lebih terarah dan menghasilkan karya yang luar biasa,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up