Gerbang Desa

Kades Karangpapak Berharap Standarisasi Harga

STANDAR: Aparatur Desa Karangpapak Kecamatan Cisolok berharap adanya standarisasi harga di setiap warung di sekitar pesisi pantai.

PLARA – Kepala Desa Karangpapak Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi, Nandang Mulyana, berharap agar Dinas Pariwisata serta Dinas Perdagangan KUKM lebih membuka mata untuk menunjang pengembangan objek wisata Geopark Cileth-Palabuhanratu. Utamanya sekaitan dengan harus adanya standarisasi harga bagi penjual di warung-warung di pesisir pantai selatan.

“Permasalahan tingginya harga jual di tiap warung di objek wisata karena akan berdampak terhadap tingkat pengunjung. Karena itu kami meminta dua dinas tersebut (Dinas Pariwisata serta Dinas Perdagangan dan KUKM) bisa lebih melek,” ujar Baskom, sapaan akrab Nandang Mulyana, kemarin (25/5).

Pemberlakuan standarisasi harga tersebut bertujuan untuk mendongkrak tingkat pengunjung wisatawan dan upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat agar lebih maju. Di samping itu, penataan tata letak kios bisa berkontribusi terhadap keasrian di tiap titik wisata didukung dengan pembinaan serta sosialisasi secara berkala. Jika Dinas Pariwisata bersama Dinas Perdagangan dan KUKM sudah melayangkan surat edaran itu, maka nanti tinggal dijalankan masing-masing pemerintahan desa sesuai titik wisata yang ada. “Kalau sudah jelas ada imbauan atau program standarisasi harga ini, kan nantinya tinggal kami yang menjalankannya. Kemudian ada kekuatan juga secara prosedur untuk tahapan sosialisasinya,” sambung dia.

Baskom menilai, para penjual warung ini tidak salah membanderol harga setiap barang yang dijual. Tapi alangkah eloknya jika lebih diarahkan dan diawasi pemerintah. “Ya, biasanya kan harga naik saat hari-hari besar saja utamanya bagi orang luar. Padahal, seharusnya jika memang sudah ada penerapan standarisasi harga ini tidak mungkin melonjak tinggi,” ungkapnya.

Dengan adanya standarisasi harga, Baskom berharap nantinya akan terjadi penguatan ekonomi terhadap penjual maupun pembeli. “Jika terus diawasi, secara otomatis nilai pertumbuhan ekonomi pun kian sehat,” tandasnya. (job5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up