Cianjur

KA Wisata Gunung Padang Beroperasi Tahun Depan

GENJOT WISATA : Kereta wisata menuju Gunung Padang akan beroperasi tahun depan. Pemkab Cianjur dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan.

Upaya Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

CIANJUR – Pemkab Cianjur menargetkan kereta wisata menuju Gunung Padang akan beroperasi tahun depan. Kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) itu dilakukan sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke situs prasejarah peninggalan kebudayaan megalitikum di daerah itu.

“Kami akan mengoptimalkan angka kunjungan wisatawan ke Gunung Padang dengan mengunakan kereta yang berhenti di Stasiun Lampegan, selanjutnya wisawatan dapat mengunakan kendaraan wara-wiri dari stasiun menuju situs,” kata Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman, kemarin (7/5).

Herman menjelaskan, pihaknya sempat merencanakan pembuatan kereta wisata sebagai sarana dan prasarana penunjang tempat wisata di Situs Meghalit Gunung Padang, sehingga rencana tersebut akan segera dilaksanakan.

“Wisatawan yang tidak mengunakan kendaraan pribadi dapat memanfaatkan kereta untuk sampai ke Gunung Padang,” katanya.

Apalagi selama ini wisatawan yang datang mengunakan kereta cukup meningkat berdasarkan data yang diterimanya. Namun angka tersebut akan terus ditingkatkan dengan menyediakan kereta wisata yang khusus membawa wisatawan sampai ke Stasiun Lampegan dan selanjutnya disediakkan kendaraan khusus untuk sampai ke lokasi.

“Tahun depan akan kita realisasikan sehingga wisatawan yang datang mengunakan kereta dengan tarif murah ditambah kendaraan wara-wiri dengan harga yang terjangkau pula, sehingga angka kunjungan akan terus meningkat karena biaya yang dikeluarkan tidak mahal,” katanya.

Dia menambahkan untuk saat ini, pemkab masih menyelesaikan sejumlah fasilitas penunjang, seperti rest area di Lampegan dan jalan alternatif menuju Gunung Padang.

“Harapan kami setelah ada kereta dan fasilitas penunjang lainnya, angka kunjungan akan terus meningkat setiap harinya,” kata orang nomor dua di Cianjur itu.

Sementara itu, berdasarkan keterangan, sejumlah pengunjung yang datang ke Gunung Padang, mengunakan kereta api Siliwangi jurusan Cianjur-Sukabumi.

Mereka harus membayar ongkos ojek dari stasiun ke Gunung Padang yang mencapai Rp100.000 untuk pulang pergi karena tidak ada angkutan umum ke lokasi tersebut.(bbs/hyt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up