Metropolitan

KA Pangrango Kembali Beroperasi

PHOTO3

Hanya Sampai Stasiun Cigombong

SUKABUMI – Kereta Api (KA) Pangrango jurusan Sukabumi-Bogor sudah mulai beroperasi. Namun jalur kereta yang ditempuh hanya dari Stasiun Sukabumi hingga Stasiun Cigombong, Bogor.

Sebelumnya, jalur KA Pangrango untuk sementara dihentikan karena terjadi longsor di lintasan rel yang berada di Cijeruk Kabupaten Bogor pada Senin (5/2) lalu. Mulai Sabtu (10/2) kereta api Pangrango mulai dioperasikan kembali dengan relasi Sukabumi-Cigombong.

“Pengoperasian kembali KA Pangrango ini telah disosialisasikan kepada masyarakat. Di antaranya dengan memasang pengumuman di pintu masuk Stasiun KA Sukabumi,” terang Kepala Stasiun Sukabumi, Heru Salam kepada Sukabumi Ekspres, kemarin (11/2).

Lanjut Heru, pada hari pertama dan kedua pengoperasian, jumlah penumpang yang berangkat masih minim. Bahkan kata dia, pada jadwal keberangkatan pagi dari Stasiun Sukabumi yakni pukul 05.15 dan pukul 10.25 tidak ada penumpang yang berangkat. Sementara pada keberangkatan terakhir pukul 15.45 WIB ada sembilan penumpang. Padahal biasanya penumpang KA Pangrango ini selalu penuh terutama pada momen akhir pekan. Untuk diketahui, kapasitas penumpang KA Pangrango mencapai sebanyak 474 orang yang terdiri atas kelas eksekutif 50 orang dan ekonomi 424 orang.

“Pada jadwal keberangkatan 10 Februari 2018, jumlah penumpang yang seharusnya diberangkatkan berdasarkan pesanan tiket sebanyak 779 orang. Rinciannya KA 389 sebanyak 257 orang, KA 391 sebanyak 269 orang dan KA 393 sebanyak 369 orang, namun perkembangan dihari kedua ada 21 penumpang,” jelasnya.

Heru menilai, minimnya jumlah penumpang karena masyarakat belum mengetahui adanya pengoperasian kembali KA Pangrango, meski baru melayani hingga Stasiun Cigombong. Penyebab lainnya, sambung Heru, karena sebagian besar penumpang bertujuan ke Kota Bogor.

“Kebanyakan penumpang malas untuk macet-macetan, jadi memilih transportasi kereta. Tapi saat ini belum begitu terlihat peminatnya kalau sampai Stasiun Cigombong,” lanjut Heru.

Heru mengungkapkan, pihaknya juga menerapkan kebijakan pengembalian tiket bagi penumpang. Yang memiliki tiket dengan tujuan Maseng, Batutulis dan Bogor, bisa membatalkan perjalanannya di stasiun keberangkatan. Sementara penumpang yang memiliki tiket dan memilih tetap melanjutkan perjalanannya hanya sampai stasiun Cigombong, mendapat pengembalian tiket sebesar 50 persen.

“Untuk batas maksimal pengembalian tiket sampai dengan tiga hari setelah jadwal keberangkatan,” tandasnya.(ovi/hrl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up