Pendidikan

Jurusan Hukum Minim Peminat

FOTO2

SUKABUMI – Jurusan hukum di perguruan tinggi di Sukabumi relatif minim peminat. Saat ini tren calon mahasiswa di Sukabumi orientasinya lebih ke jurusan ekonomi karena mayoritas tujuannya mencari pekerjaan.

“Sekarang memang masih kurang peminatnya. Salah satu penyebabnya karena calon mahasiswa masih berorientasi ke bidang ekonomi,” ujar Wakil Ketua II Bidang Keuangan dan SDM Sekolah Tinggi Hukum Pasundan Sukabumi, Erwin, seusai menghadiri yudisium mahasiswa STH Pasundan Sukabumi, kemarin (3/10).

Pada 2012 lalu, kata dia, lulusan STH Pasundan banyak yang berprofesi sebagai hakim, jaksa, maupun advokat. Mereka sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan, menurut penasihat hukum kasus Jonru Ginting dan Saracen ini, STH Pasundan mempu melahirkan lulusan terbaik di bidang hukum di skala nasional. “Tapi alhamdulillah, sejauh ini banyak lulusan STH Pasundan Sukabui yang maju ke skala nasional,” tandas dia.

Ketua STH Pasundan Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, mengatakan untuk mempersiapkan dan mencetak lulusan terbaik, STH Pasundan Sukabumi menyiapkan kurikulum berbasis kompetensi terutama kompetensi hukum acara. “Karena saat ini dengan adanya reformasi hukum, tentunya perlu adanya para penegak hukum yang andal,” ujar dia.

Target ke depan, STH Pasundan akan terus melakukan penyuluhan di bidang hukum untuk masyarakat di Sukabumi juga tentang pendidikan ilmu hukum agar minat masyarakat Sukabumi berminat untuk bersekolah di bidang hukum. “Kami akan lakukan penyuluhan terus-menerus kepada masyarakat tentang pentingnya ilmu hukum,” tandasnya.(ovi/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up