Sukabumi Raya

Jogging Track Palabuhanratu Rusak

FOTO1

Diterjang Gelombang Pasang saat Cuaca Ekstrem

PLARA – Bangunan jogging track di pesisir Pantai Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi mengalami kerusakan setelah diterjang banjir rob. Jogging track yang dibangun miliaran rupiah ini dibangun bagi para wisatawan yang ingin menikmti pemandangan laut Palabuhanratu.

“Salah satu fasilitas yang rusak akibat terjangan banjir rob beberapa hari itu yakni jogging track,” ujar Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Yudi Panca Yoga, kepada wartawan, kemarin.

Panjang kerusakannya sekitar satu kilometer. Kini Pemkab Sukabumi harus mengalokasikan anggaran cukup besar untuk proses perbaikannya. “Proses perbaikannya sendiri cukup waktu panjang. Kami sudah koordinasi dengan OPD teknis yang nanti akan memperbaikinya,” tukas Yudi.

Palabuhanratu merupakan satu dari delapan kecamatan yang merupakan kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu. Saat ini geopark itu sedang dalam proses penetapan UNESCO Global Geopark. Tapi Yudi menyakini, rusaknya jogging track tak akan berpengaruh terhadap penilaian dan penetapan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu menjadi UNESCO Global Geopark. “Kami juga masih mendata fasilitas kepariwisataan apa saja yang rusak setelah Palabuhanratu diterjang gelombang pasang. Jika ada yang rusak ringan, kami akan segera perbaiki. Kalau tingkat kerusakannya berat dan butuh biaya besar, tentunya harus segera dibahas bersama-sama,” tandasnya.

Di tempat terpisah, sebanyak tiga rumah di Jalan Raya Cikembar yang rusak pascalongsor, Jumat (1/12), belum diperbaiki. Bahkan warga setempat mengeluh belum adanya kunjungan dari aparatur pemerintahan setempat ke lokasi kejadian di Kampung Gunungkalong Desa Cibatu. “Jalan milik provinsi itu ambles. Material tanah longsornya menimpa permukiman warga,” kata Ketua RW 03, Yusuf, kepada wartawan, kemarin (3/12).

Panjang longsoran hampir 20 meter dan lebar 4 meter. Sebanyak tiga rumah terdampak longsor itu. “Sekarang warga yang rumahnya terancam mengungsi ke tempat lebih aman,” tukasnya.

Tiga rumah warga yang terdampak longsoran jalan yakni milik Yanti yang dihuni 3 jiwa, Darkim yang dihuni lima jiwa, dan Cicih yang dihuni enam jiwa).

Sementara itu di Kota Sukabumi, BPBD setempat mewaspadai potensi terjadinya pohon tumbang akibat cuaca buruk. Pasalnya, melihat kondisi sepekan lalu, terjadi cuaca ekstrem yang ditandai dengan hujan deras disertai angin kencang.

“Kami waspada menghadapi bencana khususnya di daerah rawan bencana. Termasuk potensi kerawanan pohon tumbang,” terang Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami, kemarin (3/12).

Pohon tumbang di Kota Sukabumi terjadi di dua titik berbeda. Kejadian pertama di Jalan Cimanggah Kecamatan Cikole. Selanjutnya pohon tumbang di Jalan Ciseureuh Kecamatan Gunungpuyuh.

Antisipasi ke depan warga harus meningkatkan kewaspadaan, khususnya ketika terjadi hujan yang disertai angin kencang. Hal ini dilakukan untuk menghindari jatuhnya korban akibat bencana. “Kami berharap seluruh elemen masyarakat ikut mewaspadai hal ini. Jangan berdiam di bawah pohon besar apalagi sudah turun hujan dan angin kencang,” tandasnya.

Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menambahkan, pemerintah telah meminta petugas di lapangan untuk siaga menghadapi bencana di tengah kondisi cuaca ekstrem. Petugas mulai dari kelurahan, kecamatan, hingga pemkot serta relawan dan masyarakat diminta siaga menghadapi bencana, Kesiapsiagaan ini sangat diperlukan karena tingginya intensitas hujan akhir-akhir ini dikhawatirkan menimbulkan bencana. “Kita sama-sama perlu siaga,  terutama di kawasan yang rawan terjadi bencana baik longsor maupun yang lainnya,” tambahnya.(red/ovi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

Scroll Up