Metropolitan

Jelang Kampanye, Panwascam Digodok

SUKABUMI – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Sukabumi menggelar bimbingan teknis (bimtek) tentang kampanye dan dana kampanye bagi panwascam se-Kota Sukabumi, untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2018.

Tahapan bimtek kampanye sebagai upaya pencegahan terhadap potensi pelanggaran yang dilakukan oleh pasangan calon (Paslon) peserta Pilkada dalam melakukan kegiatan kampanye. Sedikitnya sebanyak 21 anggota Panwascam mengikuti bimtek ini.

“Bintek ini dilakukan untuk peningkatan kapasitas panwas diseluruh kecamatan,” ujar Ketua Panwaslu Kota Sukabumi Muhammad Aminuddin, kemarin (27/2).

Menurutnya, bimtek bagi para anggota Panwas Kecamatan perlu dilakukan untuk memantapkan pengetahuan dalam hal pengawasan selama berlangsungnya tahapan pelaksanaan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi. Sejumlah narasumber, kata dia, dihadirkan untuk memberikan pembekalan kepada mereka. Di antaranya dari Komisi Pemilihan Umun (KPU), Polresta, Kesbangpol dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi.

“semua panwas kecamatan diberikan materi peningkatan kapasitas terkait dengan apa saja yang harus dilakukan pada pengawasan kampanye dan dana kampanye. Karena kan ada alat khusus untuk kampanye dan dana kampanye,” terang dia.

Dalam kegiatan ini, Lanjut Aminuddin, lebih ditekankan pada divisi pencegahan dan hubungan antar lembaga. Tentang bagaimana objek pengawasan terhadap pelaksanaan kampanye yang dilakukan panwaslu harus tepat. Sebab, kata dia, apa yang dilarang dalam pelaksanaan kampanye sudah tertuang dalam peraturan KPU nomor 4 dan 5 tentang peraturan kampanye dan dana kampanye.

“Jadi pengawasan kita tepat, subjekya tepat. Jangan sampai ke sana-sini, karena terkait yang dilarang dalam kampanye sudah ada aturanya,” tandasnya.(ovi/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up