Bandung

Janji Tuntaskan Geopark Ciletuh hingga Tol

PERCEPATAN : Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz, (kiri), Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (tengah) dan Menristekdikti menjalin kerja sama untuk Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) IPB-Sukabumi, kemarin (13/3). (IST FOR SUKABUMI EKSPRES)

Akhir Masa Jabatan Aher-Demiz

BANDUNG – Pemprov Jawa Barat terus menggenjot pembangunan prioritas di sejumlah daerah. Di wilayah Sukabumi misalnya seperti pengembangan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) dan IPB Cabang Sukabumi masuk prioritas.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyatakan sedang terus menggenjot pembangunan di Jabar menjelang akhir masa jabatannya menjadi gubernur selama dua periode.

“Ada bandara, Ciletuh (Geopark), pembangunan besar tol, pelabuhan, itu hal-hal besar yang perlu kita tuntaskan, termasuk juga pendidikan,” kata Aher usai Sidang Paripurna Istimewa Peringatan Hari Jadi ke-72 Provinsi Jabar di Bandung, kemarin.

Gubernur Jabar dua periode yang akan berakhir masa jabatannya dengan Wakil Gubernur Deddy Mizwar hingga Juni 2018 ini menegaskan, sedang mempercepat pembangunan di berbagai bidang dengan target penyelesaian 2018. Yakni, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka dan Tol Soreang Pasirkoja (Soroja) di Kabupaten Bandung.

Aher sapaan akrab Ahmad Heryawan berharap, proyek yang diprioritaskan di Jabar itu dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Mudah-mudahan Kertajati, Soroja juga mudah-mudahan gak molor lagi, kalau molor kita kasih sanksi nanti,” katanya.

Ia berharap, proyek besar yang sedang digenjot yakni BIJB dan Tol Soroja dapat diresmikan pada akhir masa jabatannya. “Terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Jabar dan masyarakat yang telah bersama-sama mengawal pembangunan Jabar,” tandas dia.

Ketua DPRD jabar, Ineu Purwadewi Sundari menambahkan pihaknya akan selalu mendukung berbagai program yang telah dan akan digulirkan oleh Pemprov Jabar seperti penyusunan Raperda juga penetapan anggaran sesuai dengan harapan masyarakat.

“Ya kita selalu mendukung seluruh program Pemprov Jabar. Salah satunya penyusunan Raperda dan penetapan anggaran,”ungkapnya.

Ineu menilai, selama ini pembangunan di Jabar menunjukan perubahan yang sangat positif. Hal itu terlihat dari adanya proses pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) dan pelabuhan Patimban. “Selain itu, juga kebutuhan dasar masyarakat seperti pendidikan, kesehatan masyarakat Jabar sudah terpenuhi,”tuturnya.

Dia berharap, ke depan di hari jadi yang ke 73, Jabar sudah mampu menunjukan hasil pembangunannya selama ini. Pasalnya, Jabar memiliki potensi yang cukup baik bila dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia.

“Harapanya di hari jadi tahun depan, Jabar akan semakin lebih maju lagi dibandingkan provinsi lain di Indonesia,” tandas dia.

Sementara itu, Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz menyampaikan percepatan pembangunan yang dilakukan Pemkot Sukabumi dari Bantuan Gubernur (Bangub) Jabar turut berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi di wilayahnya.

Seperti tahun ini, Pemkot Sukabumi mendapat sokongan anggaran dari Pemprov Jabar sebanyak Rp 88.623.580.575. Bantuan dana itu diperuntukan bagi sektor pendidikan, kesehatan, pemuda dan olahraga, parawisata, ketenagakerjaan, jaminan sosial sampai penanggulangan kemiskinan.

Menurutnya, sinergisitas antara Pemprov Jabar dan Pemkot Sukabumi membantu percepatan pembangunan di segala bidang. Selain itu, pencapaian sasaran pembangunan provinsi dapat terwujud melalui pencapaian sasaran pembangunan di seluruh kabupaten/kota.

“Saya selaku wali kota Sukabumi berterima kasih kepada Pemprov, dengan begitu pembangunan yang ditargetkan dapat terwujud,” ucap Muraz.

Orang nomor satu di Kota Sukabumi itu mengucapkan selamat hari jadi provinsi Jabar ke-72. Terutama Gubernur Jabar Aher yang

“Semoga Jabar semakin lebih baik dari waktu ke waktu, tetap menjadi Jabar Kahiji dan selalau Jabar Ngahiji,” ungkap dia.(hyt/ant/hyt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up