Bogor

Izin Perusahaan Bus yang Alami Kecelakaan di Puncak Terancam Dibekukan

IMG-20170422-WA0003

BOGOR – Sanksi siap menghadang perusahaan pemilik bus pariwisata HS Transport yang mengalami rem blong dan menghantam sejumlah kendaraan hingga menyebabkan empat  orang meninggal dunia. Bahkan, izin usahanya bisa dibekukan.

“Bisa dibekukan izin usahanya sampai  seluruh kendaraannya diuji ulang dengan benar dan mendapat sertifikasi kelaikan,” ujar Anggota Komisi V DPR Nurhayati melalui pesan singkat, Minggu (23/4).

Kata dia, kecelakaan itu biasanya karena ada kalalaian dalam pengawasan prosedur uji kelaikan angkutan umum di satuan penguji kendaraan bermotor. Sehingga, banyak kendaraan umum yang seharusnya tidak laik jalan bisa beroperasi.

Rem blong yang dialami bus, menurutnya dikarenakan adanya prosedur yang seharusnya dilakukan, tapi tidak dilakukan dengan benar. “Uji kelaikan kendaraan umum ini rawan penyimpangan sehingga pengujian hanya sebagai formalitas,” sebut Nurhayati.

Karenanya, legislator asal Jawa Barat itu mendorong Kementerian Perhubungan untuk membuat indikator keberhasilan dari suatu kebijakan atau peraturan yang dibuat. “Sehingga kita dengan mudah bisa mengawasi apakah aturan itu sidah dilaksanakan dengan baik atau tidak,” pungkasnya.

Kemarin, tabrakan beruntun terjadi di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, mengakibatkan empat korban tewas dan puluhan lainnya mengalami luka berat serta luka ringan. Kecelakaan bersumber dari bus pariwisata HS Transport yang mengangkut rombongan pegawai pabrik.

Bus tersebut diduga rem blong hingga menabrak enam mobil dan motor di Jalan Raya Puncak, tepatnya turunan Selarong, Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. (dna/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up