Sukabumi Raya

Izin Pembangunan YDS Dipertanyakan

NO PHOTO

Diduga Proses Kepemilikan IMB Cacat Prosedur

SUKABUMI – Pembangunan pusat perbelanjaan Yogya Departemen Store (YDS) di dikawasan Jalan Raya Siliwangi Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi dipertanyakan warga. Pasalnya, proses kepemilikan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) proyek tersebut diduga cacat secara prosedural.

“IMB bisa dikeluarkan setelah izin lingkungan ditempuh. Namun, saya yang kebetulan pemilik lahan tepat samping pembangunan itu tidak pernah merasa menandatanganinya,” ujar warga Palabuhanratu, Fikri Abdul Aziz kepada awak media, kemarin (7/2).

Menurutnya, lahan miliknya seluas 1300 meterpersegi tepat disamping lokasi pembangunan yang direncanakan sebagai pusat perbelanjaan mewah tersebut. Namun, anehnya, dirinya tidak pernah menandatangani izin lingkungan sementara IMB ini bisa keluar. “Ini bisa disebut cacat hukum. Oleh karena itu kami meminta perusahaan untuk segera menjawab hal ini,” tegasnya.

Lanjut dia, pihaknya sudah melayangkan surat somasi kepada PT Akur Pratama selaku perusahaan yang melaksanakan pembangunan pusat pembelanjaan itu. Bahkan, surat somasi sudah dilayangkan sebanyak dua kali.

“Tidak ada tanggapan apapun dari pihak perusahaan terkait somasi pertama 18 Januari 2018 lalu. Makanya kami layangkan somasi kedua pada 2 Februari lalu,” tegasnya.

Fikri mengaku kecewa kepada PT Akur Pratama yang tidak memberikan klarifikasi atas surat pertama tersebut, sehingga permasalahan menjadi berlarut-larut. “Jika somasi kedua juga tidak ditanggapi, maka pihaknya akan melakukan upaya-upaya hukum baik secara pidana, perdata, bahkan hingga ke Pengadilan Tata Usaha Negara,” ancamnya.

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Partai Demokrat, Badri Suhendi menegaskan, persoalan ini harus segera selesaikan. Karena, dia belum mengetahui kronologis awal pembangunan hingga saat ini. Yang jelas, pemerintah harus dilibatkan.

“Saya atas nama anggota DPRD meminta kepada perusahaan harus clean and clear. Apalagi, ini menyangkut masyarakat,” tegasnya.(mg1/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up