Metropolitan

Indisipliner Anggota Polresta Dipecat

PHOTO3

SUKABUMI – Kepolisian Resor Sukabumi Kota memberhentikan salah seorang anggotanya berpangkat Briptu. Pemecatan ini dilakukan lantaran yang bersangkutan sering melakukan pelanggaran, yakni mangkir kerja.

Perwira polisi yang dipecat dari kesatuannya itu berinisial VA, 32. Dianggap tidak disiplin saat menjalankan tugas. Akhirnya diberikan tindakan tegas dicopot sebagai polisi dalam upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PDTH) kemarim (12/2) di halaman Mapolres Sukabumi Kota.

Kasi Propam Polres Sukabumi Kota IPTU Suhandi menuturkan, VA sudah melakukan kesalahan berulang kali dan terbukti yang bersangkutan melakukan pelanggaran disiplin. Terakhir, kata Suhandi, VA bertugas di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). VA juga sempat bertugas di rumah dinas.

“VA itu pada masa jabatan kapolres dulu. Sempat ditegur berulang kali dan dilakukan pembinaan, namun yang bersangkutan masih melakukan kesalahanya (mangkir.red). Diberi kesempatan berjaga dirumah dinas, namun beberapa bulan ke depan masih melakukan hal yang sama,” ujar dia usai upacara PTDH yang dipimpin oleh Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, kemarin (12/2).

Lanjut Suhandi, VA meninggalkan tugas tanpa izin selama 32 hari berturut-turut. Dia juga sempat mengajukan banding atas putusan pemecatan tersebut. Namun, tak dikabulkan hingga akhirnya VA tak lagi berstatus sebagai anggota Polri. Bukan sekali yang bersangkutan diberi arahan dan pembinaan. Pemecatan juga sebagai upaya tindakan tegas agar menjadi contoh untuk anggota yang lain dan ada efek jera untuk yang bersangkutan.

“Memang itu pelanggaran melebihi 31 hari tanpa keterangan yang sah, alasan yang tidak ada alasannya karena males. Ibunya juga sudah melakukan pembinaan agar masuk kerja, sama rekan-rekan juga sempat dilakukan penjemputan ke rumahnya, lalu yang dia melakukan banding, namun upaya sidang bandingnya ditolak oleh komisi banding dan akhirnya ada surat pemberhentian,” papar dia.

Ditambahkan Suhandi, usai putusan sidang komisi kode etik profesi Polri tingkat Polres Sukabumi Kota nomor: PUT KKEP/01/X/2017 tanggal 20 Oktober 2016. Di mana dalam putusan itu, Briptu VA terbukti secara sah dan meyakinkan telah melanggar pasal 14 ayat (1) huruf a PP RI nomor 1 tahun 2003 tentang pemberhentian anggota Polri.

“Yang bersangkutan diberhentikan karena sampai tahun 2017 masih melakukan kesalahan itu, kejengkelan pimpinan juga ya pada akhirnya VA diberhentikan secara tidak hormat,” tandasnya.

Sementara itu AKBP Susatyo Purnomo Condro mengatakan, pemberhentian VA dengan jelas atas dasar kesalahannya yang tidak disiplin, sebab bagi perwira yang menjalankan tugasnya dengan baik tentu akan diberikan reword. Selain itu dia juga mengimbau kepada anggota Polri lainnya untuk disiplin dalam menjalankan tugas kepolisian.

“Ya, pemberhentian tersebut karena memang yang bersangkutan bersalah tidak menjalankan tugas dengan baik,” tandasnya.(ovi/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up