Pendidikan

IMWI Bekali Mahasiswa Kewirausahaan

NO FOTO

SUKABUMI – Institut Manajemen Wiyata Indonesia (IMWI) memberikan pembekalan wirausaha pada mahasiswanya untuk menghadapi tantangan bisnis di era digital.

Dosen Kewirausahaan Tubagus Wahyudi mengatakan, pembekalan wirausaha ini selain kegiatan akademik, diharapkan juga bisa memberikan nilai lebih pada mahasiswa nantinya.

“Kegiatan ini sebenarnya untuk pengganti mata kuliah kewirausahaan yang diikuti peserta semester lima saja. Tapi antusias semester satu, tiga dan tujuh sangat baik, sehingga dibuat semacam seminar,” terangnya, kemarin (17/12)

Banyak potensi wirausaha saat ini yang dimiliki mahasiswa, kata dia. Sebab, tidak ada masalah yang tidak bisa dipecahkan melalui pendekatan ilmu kewirausahaan. Dengan begitu, mahasiswa dapat mengembangkan peluang tersebut dalam persaingan bisnis yang ada.

“Kami harap ini juga memberikan nilai kualitatif dan dampak positif bagi masyarakat ke depannya,” imbuhnya.

Dalam seminar ini, lanjut dia, mahasiswa dibekali pemahaman tentang potensi mahasiswa untuk berwirausaha. Tantangan yang dihadapi pelaku usaha di era digital, jenis usaha yang cocok untuk mahasiswa, langkah strategis dalam menjalankan usaha untuk pemula, langkah strategis untuk bersaing bagi yang sudah berjalan dan cara mengurangi resiko kegagalan dalam berwirausaha.

“Pada dasarnya, mahasiswa harus mampu mengantisipasi resiko gagal dalam berwirausaha, mampu mengimplementasikan teori yang sudah dipelajari. Bisa memberikan solusi untuk mereka yang sudah mulai usaha serta bisa memberikan inspirasi bagi mereka yang ingin berwirausaha,” paparnya.

Salah seorang mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi, Siti Ashfiasari mengatakan, sangat apresiasi dengan kegiatan ini. Sebab, sebagai mahasiswa bisa mendapatkan pengetahuan tentang tren ekonomi di Indonesia. Selain itu mengetahui hal apa saja yang mempengaruhi bisnis di tahun 2018 serta pengetahuan lain kaitan dengan solusi permasalahan saat berbisnis.

“Terpenting, output bagi mahasiswa ke depan agar dapat memahami tidak sebatas pengetahuan, melainkan prakteknya juga,” pungkasnya.(ovi/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up