Kesehatan

Implementasi PHBS di Kota Sukabumi Relatif Minim

SUKABUMI – Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di Kota Sukabumi masih Minim. Bahkan hampir semua kecamatan terdapat titik lokasi yang PHBS-nya kurang.

“Kesadaran hidup sehatnya masih kurang. Makanya semua kecamatan ada spot PHBS yang masih kurang,” ujar Wakil Wali Kota Sukabumi Ahmad Fahmi usai menghadiri kegiatan Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia dan Sikat Gigi Bersama di SDN Sukakarya 2 Kota Sukabumi, kemarin (18/10).

Oleh karena itu, kata Fahmi, langkah yang digalakan ialah melalaui siswa sekolah dasar. Agar mereka sadar melakukan PHBS salah satunya ialah cuci tangan dan sikat gigi yang benar. “Gerakan masyarakat sehat itu belum menyentuh anak-anak, makanya kita lakukan kegiatan ini. Dengan begitu, anak-anak bisa mencuci tangan dan gosok gigi dengan baik,” ucapnya.

“Agar terhindar dari penyakit, kita itu bukan asal cuci, tapi titik kuman di tangan harus dibersihkan menggunakan sabun”

Suprapto
Kabid Kesmas Dinkes Kota Sukabumi

Apalagi kata Fahmi, sejumlah penyakit itu bersumber dari tangan. Sehingga, cuci tangan yang baik dan benar itu harus dilakuakan. “Cuci itu tidak asal cuci, ada sela-sela kuman yang harus dibersihkan. Di sini kita mengajarkan terhadap siswa,” ungkapnya.
Gerakan tersebut, kata Fahmi baru di sekolah se wilayah Kecamatan Warudoyong. Setelah itu bertahap ke kecamatan lain di Kota Sukabumi. “Saat ini baru perwakilan se Kecamatan Warudoyong, nanti bertahap ke kecamatan lain,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Sukabumi Suprapto menyebutkan hampir 5 persen penyakit diakibatkan faktor lingkungan. Satu di antara perantaranya melalui tangan. “Tangan dan mulut itu titik kuman yang paling banyak,” ujarnya.

Diare menjadi salah satu penyakit yang sering timbul akibat tidak atau salah mencuci tangan. Tapi ada juga beberapa penyakit yang berkaitan dengan saluran pencernaan. “Agar terhindar dari penyakit, kita itu bukan asal cuci, tapi titik kuman di tangan harus dibersihkan menggunakan sabun,” ungkapnya.

Masyarakat harus membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan. Selain itu juga harus rutin menggosok gigi. “Kebiasaan ini harus dimulai dari kecil, sehingga nantinya terbiasa,” tandasnya.(job3)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up