Pendidikan

Imigrasi Bidik Mahasiswa

NO PHOTO

SUKABUMI – Ratusan Mahasiswa Institut Manajemen Wiyata Indonesia (IMWI) Kota Sukabumi, mengikuti sosialisai keimigrasian, yang dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Kelas II B Sukabumi, di kampus IMWI, kemarin (25/1).

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, dalam rangka memperingati Hari Bhakti Imigrasi ke-68 Tahun pada 2018. Di Sukabumi, kantor imigrasi memilih kampus IMWI, lantaran kampus ini rencananya akan melakukan pertukaran pelajar.

Kepala Kantpr Imigrasi Kelas II B Sukabumi Hasrullah mengatakan, tujuan sosialisasi ini menyampaikan hal-hal terkait substansi keimigrasian. Utamanya yang bersentuhan langsung dengan bidang pelayanan kepada publik dan pegawasan terhadap pengguna izin keimigrasian diseluruh wilayah Republik Indonesia.

“Kami melaksanakan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkait keimigrasiaan. Karena masih banyak masyarakat yang belum mengerti keimigrasian, yang mereka tahu hanya pelayanan lalu lintas keluar masuk orang asing dan pembuatan pasport saja,” ujarnya, kemarin (25/1).

Lanjut dia, imigrasi sebagai salah satu instansi pemerintah yang mengawasi perlintasan keluar masuk orang asing ke Indonesia. Imigrasi Indonesia memiliki kebijakan selective policy yakni hanya orang asing yang memberikan manfaat serta tidak membahayakan keamanan dan ketertiban umum yang diperbolehkan masuk dan berada di wilayah Indonesia.

“Saya harap seluruh mahasiswa bisa mengerti apa itu keimigrasian, sehingga bisa menyampaikan juga kepada yang lain,” ucapnya.

Ketua Yayasan kampus IMWI Mariati Tirta Wiyata mengaku bangga lantaran kampusnya dipilih sebagai tempat sosialisasi terkait keimigrasian. Pasalnya, masyarakat perlu memahami keimigrasian dan bagaimana interaksi antar penduduk atau orang yang melintasi Kota sukabumi.

“Istimewa sekali IMWI terpilih untuk mendapatkan informasi tentang keimigrasian di Indonesia. Orang banyak berfikir keimigrasian itu hanya tempat untuk bikin pasport saja,” ungkapnya.(ovi/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up