Menuju Balai Kota

Hasil Tes Kesehatan tak Layak, Paslon Bisa Gugur

FOTO2

BANDUNG – Empat bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Sukabumi mengikuti tahapan tes kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, kemarin (11/1). Mereka adalah pasangan Mulyono-Ima Slamet (Mulia), Dedi R Widjaja-Hikmat Nuristawan (Dermawan), Achmad Fahmi-Andri Setiawan Hamami (Faham), dan Jona Arizona-Hanafie Zain (Ijabah).

Selama proses pemeriksaan, calon harus mengikuti tes kesehatan fisik, psikologi, bebas narkoba, dan pengambilan sampel darah yang dilakukan puluhan dokter spesialis, psikolog, serta Badan Narkotikan Nasional (BNN).

Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Sukabumi, Agung Dugaswara, mengatakan, hasil pemeriksaan kesehatan bisa jadi penentu layak atau tidaknya bakal calon maju pada pemilihan wali kota dan wakil wali kota nanti.

Jika hasil pemeriksaan dokter harus dilakukan pemeriksaan lanjutan, maka diserahkan kepada bakal calon untuk melakukan pemeriksaan sendiri. Sementara jika hasil BNN ada bakal calon yang terindikasi menggunakan narkoba, maka akan diperiksa secara detail oleh BNN.

“Masing-masing tim melaporkan hasil pemeriksaan dan disimpulkan. Jadi, KPU hanya menerima rekomendasi yang isinya hanya layak atau tidak. Kalau rekomendasi tidak layak, maka gugur,” kata Agung kepada Sukabumi Ekspres, kemarin (11/1).

Untuk pemeriksaan kesehatan satu pasangan calon, kata Agung, dilakukan sekitar delapan jam. Pemeriksaan psikologi dua sampai tiga jam, pemeriksaan narkoba oleh BNN sekitar dua jam.

Untuk seluruh pasangan calon juga meliputi data data kuantitatif yang berkaitan dengan IQ dan data kualitatif terkait dengan manajemen stres dan manajemen kepercayaan diri.(ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up