Sukabumi Raya

Harga Komoditas Sayuran Masih Tinggi

PHOTO2

CISAAT – Harga sejumlah komoditas sayuran di Pasar Semi Modern (PSM) Cisaat, Kabupaten Sukabumi mengalami kenaikan sejak dua pekan lalu. Disinyalir, tingginya harga sayuran dampak dari cuaca buruk yang terjadi belakangan.

Salah seorang pedagang sayuran di Pasar Semi Modern Cisaat, Anwar, 39 mengatakan, beberapa jenis sayuran mengalami kenaikan harga sejak dua pekan terakhir. Di antaranya, harga cabai rawit saat ini Rp35 ribu per kilogram (kg) dari sebelumnya Rp30 ribu per kg. Tomat dijual seharga Rp12 ribu per kg dari sebelumnya Rp8.000 per kg. Kenaikan yang cukup tinggi pada bawang merah yang mencapai Rp48 ribu per kg dari sebelumnya Rp40 ribu per kg.

“Saat ini bawang merah yang paling tinggi harganya dibanding semua jenis komoditas sayuran,” ujarnya saat ditemui di PSM Cisaat, kemarin (27/2).

Anwar menduga, tingginya harga sayuran tersebut akibat cuaca buruk yang terjadi belakangan ini. Sehingga, pasokan barang berkurang. “Kalau musim hujan seperti ini, kemungkinan banyak kendala bagi petani. Seperti gagal panen atau banyak sayuran yang membusuk akibat terlalu sering kena hujan,” tukas dia.

Dampaknya saat ini, kata dia, selain harga tinggi stok sayuran pun berkurang. Bahkan, sejumlah pedagang harus rela berebut sayuran dari pemasok. “Sekarang itu, telat sedikit saja pasti sudah tidak kebagian sayuran dari pemasok,” ungkapnya.

Pedagang lainnya Susilawati, 34 menambahkan, meski harga sayuran tinggi, namun tidak berdampak pada berkurangnya pembeli. Bahkan, kata dia, bisa disebut relatif bagus. Terlebih sejumlah komoditas yang memang sangat dibutuhkan, seperti cabai rawit dan bawang merah.

“Penjualan sih lumayan bagus ya, meskipun mahal. Hanya saja banyak konsumen yang jumlah pembeliannya sedikit. Misalnya, biasa beli satu kilo, sekarang jadi setengah kilo,” pungkasnya.(udi/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up