Metropolitan

Harga Bumbu Dapur Mulai Tak Karuan

PHOTO2

SUKABUMI – Harga bawang merah, bawang putih dan cabai rawit merah di pasar tradisional Kota Sukabumi mulai mengalami kenaikan. Hal tersebut disinyalir akibat menurunnya pasokan bumbu dapur tersebut ke pasaran.

Saat ini, harga bawang merah bisa mencapai Rp 30 ribu per kilogram, dari sebelumnya Rp 20 ribu per kilogram. Bawang putih juga mengalami kenaikan, dari sebelumnya Rp 20 ribu per kilogram menjadi Rp 30 ribu per kilogram. Sementara cabai rawit merah atau cabai domba melonjak hingga Rp 60 ribu per kilogram, dari sebelumnya Rp 40 ribu per kilogram.

“Kenaikan harga ini gara-gara menurunnya pasokan barang ke pasaran. Akibatnya harga naik. Turunnya pasokan salah satunya akibat cuaca buruk yang berdampak pada tanaman bawang. Banyak pembeli yang protes dan akhirnya mengurangi jumlah pembelian,” ungkap salah seorang pedagang Pasar Gudang Kota Sukabumi, Eha Julaeha kepada Sukabumi Ekspres, kemarin (27/2).

Pedagang lainnya, Edi, 42 mengatakan, kenaikan harga bawang merah dan bawang putih terjadi secara bersamaan. Ia dan pedagang pasar lainnya berharap harga bisa turun kembali. “Kami inginnya harga turun lagi supaya para pembeli bisa menjangkau harga yang ditawarkan,” ungkapnya.

Salah seorang warga Kecamatan Citamiang, Tuti Haryati, 33 menilai, kenaikan harga bawang dan cabai di pasaran memberatkan warga khususnya para ibu rumah tangga, maupun pelaku usaha di bidang kuliner.

“Ini kan bumbu utama masakan di rumah maupun di warung. Kita sih berharap harga sayuran bisa turun kembali seperti biasa, yang terjangkau,” harapnya.(ovi/hrl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up