Sukabumi Raya

Harga Beras Masih Tinggi

PHOTO2

PLARA – Harga beras di sejumlah pasar tradisinoal yang ada di Kabupaten Sukabumi masih merangkak naik. Hal ini, dipicu dari berbagai faktor. Salah satunya selain minimnya pasokan gabah dari para petani juga dipengaruhi oleh maraknya serangan hama blast yang mengakibatkan para petani terancam gagal panen karena padi tak berisi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Dedah Herlina mengatakan, cuaca ekstrim yang melanda Kabupaten Sukabumi menjadi pemicu maraknya serangan hama atau organisme pengganggu tanaman (OPT) jenis blast pada tanaman padi.

“Cuaca saat ini telah menimbulkan hama dan menjadi kendala bagi para petani, sehingga produktivitas hasil panennya berkurang,” jelasnya, kemarin (8/2).

Akibat serangan hama tersebut, ujar Dedah, para petani mengalami kerugian. Bahkan, produktivitas panen padinya menurun sampai 30 persen. Biasanya, para petani jika panen menghasilkan gabah dari tujuh ton, namun karena serangan hama, mereka hanya menghasilkan empat ton saja. Untuk itu, pihaknya mengimbau pada para petani agar dapat memilih varietas padi yang unggul.

“Jadi mereka saat bercocok tanam saya sarankan agar menggunakan benih padi yang tahan lama dan variatesnya yang baik. Hal ini, sering kami sampaikan saat Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi tengah melakukan penyuluhan,” paparnya.

Pedagang beras di kios pasar tradisional Panggeleseran, Desa Kertaraharja, Kecamatan Cikembar, Dasep, 41, mengatakan, harga beras kualitas premium saat ini berada dikisaran Rp10 ribu per liter. Sebelumnya harga beras jenis Ciherang ini berada dikisaran Rp8.500 per liter. Kenaikan harga ini menurutnya, akibat pasokan dari petani minim.

“Memang saat ini para petani tengah melakukan panen raya padi. Namun, hasil panennya belum masuk ke tengkulak padi. Sehingga harga berasnya masih tinggi,” pungkasnya.(ovi/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up