Pendidikan

Guru dan Pelajar Wajib Berbatik

JL DEWI SARTIKA – Para pelajar maupun guru di SDN Dewi Sartika CBM Kota Sukabumi membiasakan diri melestarikan batik dalam setiap kesempatan. Setiap Sabtu pekan keempat, mereka diwajibkan mengenakan pakaian batik.

“Bukan saat Hari Batik Nasional saja, tapi juga sudah sejak lama kami memberlakukan aturan ini,” Kepala SDN Dewi Sartika CBM, Idim Dimyati, usai upacara Hari Batik Nasional di lapangan sekolah, kemarin (2/10).

Pada kesempatan itu, SDN Dewi Sartika CBM membagikan santunan kepada 20 siswa anak yatim di sekolah tersebut. Momentumnya bersamaan dengan peringatan 10 Muharram 1439 Hijriah. Santunannya berasal dari infak yang dikumpulkan para guru. “Batik harus dibudayakan. Jangan sampai peninggalan nenek moyang asli bangsa Indonesia ini diakui dan dikembangkan bangsa lain,” ujar Idim.

Pelestarian batik merupakan bagian dari upaya menanamkan pemahaman karakter nasional kepada para siswa. Melalui pembiasaan memakai batik, mereka dapat mendalami dan memahami hakikat karakter nasional dari sikap dan kebiasaan sehari-hari. “Mudah-mudahan semangat kami dapat menular dan ditiru masyarakat. Kami yakin dampaknya dapat meningkatkan perekonomian kalangan UKM, khususnya perajin batik,” jelasnya.

Para pelajar SDN Dewi Sartika CBM juga rutin mengikuti membatik untuk siswa kelas 3 sampai dengan kelas 6. Para siswa diberi pengetahuan dan keterampilan membuat batik khas semi dengan ciri utama bunga pala. “Dalam kegiatan membantik, para siswa bebas untuk membuat motif dengan kreasinya masing-masing. Hasil karya terbaik akan diserahkan kepada Dekranasda Kota Sukabumi agar bisa dicetak dan diperbanyak,” jelas Idim.(hyt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up