Sukabumi Raya

Gejolak Penolakan RKUHP Belum Padam

PHOTO2

SUKABUMI – Puluhan insan pewarta yang tergabung dalam Jurnalis Sukabumi Bersatu kembali melakukan aksinya menolak Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) yang saat ini sedang digodok DPR-RI. Aksi secara langsung dilakukan dengan mendatangi Rumah Aspirasi dan Inspirasi (RAI) Heri Gunawan di Jalan Arief Rahman Hakim, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.

Aksi kali ini merupakan aksi lanjutan. Turut hadir puluhan wartawan lokal maupun nasional dari berbagai media, baik cetak, online maupun televisi. Seluruhnya kompak bereaksi keras menolak (RKUHP).

Anggota DPR-RI Komisi IX Fraksi Partai Gerindra, Heri Gunawan cukup antusias menerima kunjungan SJN. Kedua belah pihak kemudian berdialog dalam sebuah forum diskusi. Pria berkepala plontos yang akrab disapa Hergun mengaku akan ikut memperjungkan dan menolak keras RKUHP yang dianggap sebagai upaya kriminalisasi terhadap kebebasan jurnalis.

“Aspirasi ini akan saya sampaikan. Secara pribadi, saya juga ikut tidak setuju dengan RKUHP yang dinilai tidak matang. Kita tetap konsisten, kita akan terus pro rakyat. Nanti saya akan bawa ke DPR seluruh keinginan rekan-rekan,” ungkap Hergun.

Sementara itu, perwakilan SJN, Wilda Topan menyebut, silaturahmi puluhan awak media di Sukabumi adalah bentruk penolakan RKUHP yang terkesan dipaksakan dan menutup kebebasan hak para jurnalis. Menurutnya, kebebasan jurnalis di Indonesia tak boleh dikekang, terutama dalam menjalankan tugas sebagai kontrol sosial.

“Saat ini, riak-riak RKUHP telah diutak-atik. Sangat tidak membela demokrasi. Kami dengan tegas menentang RKUHP, karena menurut kami hal ini merupakan sistem yang sengaja dibuat oleh pemilik kekuasaan yang anti kritik. Yang pasti saya tegaskan beberapa pasal di RKUHP terutama terkait kebebasan Pers tidak sesuai,” tandasnya.(udi/hrl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up