Bandung

Fahmi Komit Tekan Kasus HIV/ADS Jabar

BANDUNG – Provinsi Jawa Barat saat ini masih menjadi salah satu dari lima Provinsi di Indonesia dalam jumlah kasus HIV/AIDS tertinggi. Bahkan, kasus HIV/AIDS di Jabar terus bertambah.

Menilik kondisi tersebut, Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) di 27 Kota/Kabupaten se-Jabar menyatakan komitmen tertulisnya dalam penanggulangan peningkatan kasus HIV/AIDS tersebut. Penandatangan komitmen yang dipusatkan di Aula Gedung Sate Bandung Pemprov Jabar kemarin (9/8) ini diharapkan menekan jumlah kasus HIV/AIDS.

“Komitmen itu sudah kita lakukan ya. Tapi ini bersama-sama dan saya rasa komitmen yang dibuat ini lebih kepada meningkatkan kinerja saja,” kata Ketua KPA Kota Sukabumi, Achmad Fahmi kepada Sukabumi Ekspres, kemarin.

Jumlah kasus HIV di Jabar hingga Desember 2016 silam tembus 26.420 kasus dan AIDS mencapai 8.040 kasus. Karena itu, Fahmi siap menjalankan program prioritas KPA di wilayahnya agar jumlah kasus tersebut menurun.

“Pak Gubernur Ahmad Heryawan minta program prioritas KPA dilakukan makanya kita akan coba maksimalkan lagi. Nanti kita akan terus melakukan pencegahannya serta pengentasannya dengan melibatkan intansi terkait yang ada,” ungkap dia.

Lebih jauh, Fahmi menyebutkan, ada empat poin komitmen yang menjadi tanggung jawabnya di Kota Sukabumi. Yakni, meningkatkan kemampuan pencegahan secara komperehensif HIV pada kelompok usia 15 – 24 tahun dan perempuan usia produktif, meningkatkan cakupan tes HIV/AIDS pada populasi resiko tinggi dan ibu hamil, mengurangi stigma dan diskriminasi terhadap penderita penyakit HIV.

“Terakhir, melakukan penguatan di internal KPA untuk melakukan kolaborasi serta sinerjitas lintas sektor dalam menciptakan lingkungan yang kondusif, meningkatkan kualitas layanan dan mitigasi,” jelasnya.

Fahmi pun berharap komitmen ini bisa menjadi perhatian serius bersama Pemprov Jabar. Satu di antaranya, penganggaran untuk aksi penanggulangan karena masih banyak kegiatan yang belum ter-cover dari sisi anggaran secara maksimal di KPA. “Harus bersama-sama karena sudah menjadi permasalah global ya,” tandasnya. (mg35/hyt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up