Menuju Balai Kota

Empat Bapaslon belum Penuhi Syarat Administrasi

PHOTO2

JL OTISTA – Empat bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Sukabumi yang akan maju pada Pilwalkot Sukabumi 2018 dinyatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat belum memenuhi persyaratan administrasi. Kenyataan itu terungkap setelah KPU melaksanakan pleno pengumuman hasil verifikasi administrasi termasuk hasil tes pemeriksaan kesehatan, kemarin (17/1).

Persyaratan administrasi yang belum dilengkapi di antaranya susunan tim kampanye, visi dan misi, serta surat atau formulir yang dikeluarkan lembaga lain, misalnya bebas tunggakan pajak.

“Kalau sampai tanggal 20 Januari tidak juga dipenuhi persyaratan yang kurang maka diberi kesempatan terakhir lagi sampai 27 Januari. Nanti pada 12 Februari baru ditetapkan apakah memenuhi syarat untuk kontestasi ini atau tidak,” kata Ketua KPU Kota Sukabumi, Hamzah, kepada sejumlah media seusai rapat pleno, kemarin (17/1).

Jika ada persyaratan yang tidak dipenuhi, kata Hamzah, maka pasangan tersebut akan dinyatakan gugur. Untuk itu, dia berharap semua persyaratan bisa dilengkapi sebelum batas akhir. Sejak pendaftaran pada 10 Januari, ada pasangan yang sudah menambah persyaratan tapi masih belum lengkap. “Kalau ada salah satu dari satu pasangan yang tidak memenuhi persyaratan administrasi maka keduanya dinyatakan gugur,” ungkapnya.

Berbeda dengan persyaratan administrasi, jika ada salah satu orang dari satu pasangan yang tidak lulus pemeriksaan kesehatan, masih bisa diganti sesuai dengan posisi awal. “Kalau balon wali kotanya yang tidak lulus pemeriksaan kesehatan, pasangan tidak gugur tapi bisa diganti,” ujarnya.

Seusai pengumuman hasil pemeriksaan kesehatan, empat pasangan bakal calon berfoto bersama di salah satu sudut di kantor KPU Kota Sukabumi. Seluruh pasangan tampak ceria dan bercanda bahkan sempat berswafoto. Keempat pasangan yang sudah mendaftarkan diri ke KPU yakni pasangan Mulyono-Ima Insya Allah Amanah (Mulia) yang diusung Partai NasDem, PPP, dan PAN, pasangan Achmad Fahmi-Andri Setiawan Hamami (Faham) yang diusung Partai Demokrat dan PKS, pasangan Jona Arizona-Hanafie Zain (Ijabah) yang diusung Partai Golkar, PDI Perjuangan, dan PKB, serta pasangan Dedi R Wijaya-Hikmat Nuristawan (Dermawan) yang diusung Partai Gerindra dan Partai Hanura.(ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up