Bandung

Dorong Pusat Alokasikan Rp 1 Triliun Kembangkan Geopark Ciletuh

BANDUNG – Pemrov Jabar menargetkan angka kunjungan wisatawan mancanegara mampu menyerap hingga 1,5 juta pada tahun 2017. Ini bukan sebatas harapan. Karena Jabar punya wisata alam dan budaya eksotik yang diandalkan.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mendorong pemerintah pusat ikut andil mengembangkan objek wisata Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Pasalnya, Pemrov sendiri telah mengalokasikan anggaran ratusan miliar rupiah untuk mengembangkan potensi wisata itu.

“Kita berharap pemerintah pusat bisa menggelontorkan anggaran hingga Rp1 triliun untuk Geopark Ciletuh agar bisa terus dikembangkan,” ungkap dia dalam siaran persnya, kemarin (1/10).

Selain itu, Aher -sapaan akrab Ahmad Heryawan- optimistis Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati di Kabupaten Majalengka mampu mendorong sektor pariwisata. “Ke depan Jawa Barat mempunyai BIJB Kertajati, Insya Allah angka itu (kunjungan) akan meningkat,” ujar dia.

Ia menuturkan, Tuhan telah menciptakan Provinsi Jabar dengan banyak potensi pariwisata yang bagus sehingga harus terus dikembangkan untuk mendongkrak perekonomian.

“Jawa Barat dianugerahi keindahan yang luar biasa, alamnya indah, karena itu kepariwisataannya terus berkembang dan harus terus dikembangkan,” katanya.

Menurut dia, potensi pariwisata di Jabar itu harus didukung dengan sarana dan prasarana yang mendukung sehingga mampu menarik wisatawan ke Jabar.

“Kalau sekarang turis mancanegara masih paling banyak ke Bali, karena punya bandara internasional yang bagus,” katanya.

Ia berharap, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang ditargetkan selesai dan beroperasi 2018 akan memberikan manfaat bagi masyarakat Jabar, terutama mendorong sektor kepariwisataan.

Selama ini, wisatawan mancanegara yang datang ke Jawa Barat pada 2016 kurang lebih satu juta orang. Sedangkan wisatawan dalam negeri mencapai 58 juta orang.(hyt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up