Metropolitan

Dispenda Kikis Penunggak Pajak Ranmor

CIBADAK – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Jabar Wilayah I Cabang Cibadak Kabupaten Sukabumi mengerahkan petugas Samsat Gendong (Samdong) menyisir wajib pajak di berbagai pelosok. Upaya itu dilakukan untuk menekan penunggak pajak kendaraan bermotor, misalnya, karena terbentur jarak.

“Pelayanan Samdong ini tujuannya agar bisa menjangkau wajib pajak hingga ke pelosok perkampungan-perkampungan di Sukabumi,” kata Kepala Cabang Pelayanan Dispenda Provinsi Wilayah I Cibadak, Hendra Gunawan, kemarin (4/12).

Petugas Samdong melibatkan berbagai unsur lain di antaranya petugas Dispenda, Bank Jabar Banten (BJB), Jasa Raharja, Polres Sukabumi. “Satu tim Samdong akan diturunkan empat orang petugas dari unsur yang dilibatkan,” ungkapnya.

Petugas Samdong yang ditugaskan menyisir wajib pajak ke pelosok daerah tiada lain untuk membantu masyarakat. “Masyarakat para wajib pajak tidak harus bersusah payah lagi ingin memperoleh pelayanan pajak di kantor utama,” kata dia.

Petugas Samdong nantinya bisa memberikan semua pelayanan di lapangan. Termasuk melakukan pembayaran tunggakan wajib pajak. “Karena pelayanan pembayaran administrasi pajak bisa dilayani petugas bank langsung,” ungkapnya.

Selain mempermudah pelayanan pembayaran pajak melalui Samdong, kata Hendra, pihaknya akan menurunkan petugas samsat keliling (samling). Kendaraan samling ini juga bisa menjangkau ke setiap pelosok daerah di Kabupaten Sukabumi. “Petugas samdong maupun samling akan secara mobile melakukan pelayanan ke pelosok-pelosok daerah tersebar di 47 kecamatan di Kabupaten Sukabumi,” kata dia.

Guna mempermudah pelayanan melalui kendaraan samling, pihaknya sudah merasionalkan kendaraan samling. Hanya saja saat ini sejumlah kebutuhan informasi dan teknologi guna menunjang operasional samling masih terhambat jaringan jika ada di pelosok.

“Diharapkan dengan adanya samdong ini, pelayanan kepada masyarakat di setiap pelosok daerah bisa membantu masyarakat melalui sistem pelayanan samdong maupun samling bisa menekan tunggakan wajib pajak di Kabupaten Sukabumi,” tandasnya. (udi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up