Metropolitan

Disdukcapil Sinergis Mendata Penduduk

NO FOTO

SUKABUMI – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Komisi Pemilihan Umum Kota Sukabumi mengantisipasi data warga yang meninggal dunia masih terdaftar sebagai pemilih. Caranya, kedua lembaga itu terus menyisir data kependudukan melalui verifikasi ke lapangan.

“Yang harus kita antisipasi itu mereka yang sudah meninggal dunia tapi terundang kembali. Ini karena keluarga ataupun RT dan RW setempat tak memberikan laporan. Jadi tak terdeteksi,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sukabumi Iskandar Ihfan, belum lama ini.

Iskandar mengaku diberikan kesempatan oleh KPU untuk menyisir data kependudukan warga Kota Sukabumi. Nantinya Disdukcapil dan KPU bersama-sama turun ke lapangan untuk memastikan akurasi data kependudukan dan data pemilih.

“Jadi nanti kami bisa memutakhirkan data kependudukan dan KPU memverifikasi data pemilih. Sehingga nantinya kami memiliki data yang akurat dan berkualitas. Idealnya sih verifikasi data itu dilakukan setelah adanya DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) dari Kementerian Dalam Negeri,” tegasnya.

Iskandar mengaku enggan memberikan data kependudukan yang akan diverifikasi KPU nanti terlalu prematur. Artinya, kerja KPU akan ekstra karena harus mendata secara detail. “Tapi jika datanya cukup valid, jadi nanti saat diverifikasi KPU bisa lebih valid lagi. Kalau datanya prematur, kasihan juga KPU karena butuh tenaga ekstra. Makanya, lebih enak nanti setelah ada DP4 dari kemendagri yang data awalnya dari kami,” tuturnya.

Iskandar menargetkan pada penyelenggaraan pilkada serentak 2018 nanti semua warga Kota Sukabumi sudah bisa memiliki blanko KTP elektronik sebagai syarat sah hak pilih. Kalaupun tidak, masyarakat bisa menggunakan surat keterangan yang fungsinya sama dengan KTP elektronik. “Mudah-mudahan pada waktunya nanti saat pilkada, semua yang masuk kategori wajib KTP dan memiliki hak pilih bisa mendapatkan KTP elektronik. Sehingga tidak ada lagi keraguan untuk memilih,” pungkasnya.(red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

Scroll Up